16 Negara Bakal Bersaing Ketat Berebut Podium Juara di Tour de Siak 2019

Oleh Gilar Ramdhani pada 09 Sep 2019, 15:20 WIB
Diperbarui 09 Sep 2019, 15:20 WIB
16 Negara Bakal Bersaing Ketat Berebut Podium Juara di Tour de Siak 2019
Perbesar
Tour de Siak 2019 kembali digelar pada tanggal 18 - 22 September 2019.

Liputan6.com, Siak Ajang balap sepeda kancah internasional 'Tour de Siak 2019' kembali digelar pada tanggal 18 - 22 September 2019 mendatang dengan 4 etape sejauh 542 Kilometer. Sebanyak 13 tim dari 16 negara telah mengkonfirmasi turut serta dalam event sport tourism yang berlangsung untuk ketujuh kalinya sejak event pertama digelar tahun 2013 lalu.

13 tim yang sudah mendaftar sebagai perserta ini 9 tim berasal dari luar negeri dan 4 tim dari dalam negeri. Adapun 16 negara yang terlibat di Tour de Siak 2019 adalah Indonesia, Malaysia, Slovenia, Singapore, Cambodia, Philippines, Australia, New Zealand, Nederland, Japan, France, Spain, Philippines, Mongolia, Iran, dan Russia.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, Dr. H. Fauzi Asni, M.Si melalui Kabid Pemasaran Pariwisata H. Basriansyah, ST, MT menjelaskan terdapat 4 etape yang akan dilalui pembalap. Etape pertama dimulai dari Siak - Mempura - Dayun - Siak (2 Lap) dengan jarak 128 kilometer. 

"Untuk Etape 1 para pembalap akan menempuh rute Siak – Mempura – Dayun – Siak sebanyak 2 lap dengan jarak 128 Kilometer, perubahannya para pembalap akan melewati beberapa objek wisata yang ada di Mempura dan Jembatan Kupu-kupu," kata Basriansyah dalam keterangan tertulisnya, Senin (9/9)

Sementara untuk etape II dengan rute Siak - Bungaraya - Sungai Apit - Siak lanjutnya akan dilaksanakan dalam 1 lap dengan jarak tempuh 114 Kilometer, etape III dengan rute Siak – Dayun – Buatan – Siak dilaksanakan 2 lap dengan jarak tempuh 160 Kilometer.

"Untuk Etape IV Siak City Race akan dilaksanakan sebanyak 8 lap dengan jarak tempuh 140 kilometer. Total panjang lintasan balap keseluruhan dari 4 etape adalah sejauh 542 kilometer" kata dia.

Ditambahkan olehnya, event Tour de Siak telah resmi menjadi Agenda United Cycling International (UCI) dan masuk Nominasi Top 100 Event Kalender Nasional Kementerian Pariwisata RI, serta baru-baru ini meraih penghargaan dari PB ISSI.

"Alhamdulillah, pencapaian ini kita jadikan motivasi untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan kegiatan. Tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya," ujarnya.

Tour de Siak yang merupakan event balap sepeda berskala internasional pertama di Provinsi Riau itu akan kembali menguji para pembalap sprinter dengan sejumlah keunikan sekaligus tantangan yang cukup menantang. Di antaranya kondisi geografis dengan cuaca panas dan bertekanan angin cukup ekstrim, serta tanjakan disejumlah areal lintasan balap.

Adapun nantinya pada Tanggal 18 September 2019 pada pagi hari akan diadakan acara "FUN BIKE" dan Parade Atiet bagi para Tim-Tim Peserta yang mengikuti perlombaan dan kemudian pada malam harinya sekitar pukul.19.00 wib akan ada Dinning Party dan dilanjutkan dengan Grand Opening Ceremony yang akan dimeriahkan oleh penampilan Andra and The Backbone.

 

(*)