Anies Dorong Perkantoran Sediakan Parkiran Khusus Sepeda dan Tempat Mandi

Oleh Ratu Annisaa Suryasumirat pada 08 Sep 2019, 12:33 WIB
Diperbarui 10 Sep 2019, 10:13 WIB
Anies Baswedan Bersepeda Santai

 

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengaku, akhir-akhir ini dirinya sedang sering bersepeda ke berbagai tempat tujuan. Menurutnya, hal ini guna mendorong masyarakat agar mau ikut bersepeda.

Selain itu, bersepeda sendiri ternyata memang sudah merupakan kebiasaan lamanya.

“Ini pun sepeda lama, sepeda yang saya pakai ketika saya kuliah dulu di Amerika. Saya bawa pulang ke sini,” ujar Anies di area Stasiun Lebak Bulus, Jakarta, Minggu (8/9/2019).

Dia menjelaskan, sekarang ini sedang dibangun lebih banyak jalur khusus sepeda di Jakarta. Anies juga menganjurkan kepada gedung-gedung perkantoran untuk menyediakan parkiran khusus sepeda, serta tempat untuk mandi.

Sebab, Anies melihat bahwa sekarang ini yang banyak bersepeda hanyalah para profesional papan atas atau pejabat. Hal ini karena ruangan mereka memiliki kamar mandi, sehingga mudah ganti baju bila berkeringat.

“Tapi bagi pegawai umumnya, tidak ada fasilitas yang cukup. Karena itu kita harus dorong banyak yang punya tempat parkir dan kamar mandi jadi siapa saja bisa naik sepeda,” ujarnya.

Namun, untuk hal ini didorong menjadi instruksi gubernur, Anies Baswedan mengaku akan lebih mendalaminya dulu.

“Sekarang kita siapkan fasilitasnya dulu. Jangan kita bikin sebuah instruksi (gubernur) sebelum fasilitasnya siap. Nanti arahnya kesana,” lanjutnya.

 

2 of 3

Lebih Efisien

Anies Baswedan
Gubernur DKI Anies Baswedan bersepeda bersama Dubes India Pradeep Kumar Rawat. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Anies menjelaskan, dengan bersepeda, dirinya juga jadi lebih mudah untuk memeriksa keadaan pekerjaan di lapangan. Apalagi dalam memeriksa jalanan di Jakarta.

“Jadi kalau pemeriksaan jalan, kampung, saya kerjakan dengan sepeda. Itu jauh lebih efisien,” tuturnya.

Di sisi lain, Anies menegaskan bahwa sepeda adalah sebuah alat transportasi, bukan alat olahraga. Sehingga, masyarakat harusnya bisa lebih sering memakai sepeda untuk bepergian.

Bersepeda pun dinilainya dapat mengurangi emisi yang ada di Kota Jakarta.

“Jadi, saya ingin dorong warga melihat sepeda sebagai alat transporasi, bukan sebagai alat olahraga saja. Dan yang terakhir kita ingin banyak yang menggunakan kendaraan bebas emisi,” ucapnya.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait