Polres Tangerang Kota Gerebek Rumah Pembuat HP Rekondisi Murah

Oleh Maria Flora pada 07 Sep 2019, 08:52 WIB

Fokus, Jakarta Kita harus berhati-hati jika ada smartphone yang harganya lebih murah dibandingkan dengan harga pada umumnya. Karena bisa jadi smartphone tersebut adalah hasil rakitan ilegal atau rekondisi seperti yang ditemukan polisi di sebuah ruko di kawasan Alam Sutera, Tangerang, Banten.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (7/9/2019), satuan Reserse Kriminal Polres Metro Tangerang Kota menggerebek dua ruko berlantai tiga.

Ruko tersebut digrebek karena sejak 2016  menjadi tempat merakit smartphone dan laptop ilegal.

Selain itu di ruko tersebut dijadikan tempat untuk melakukan rekondisi handphone bekas menjadi seperti baru yang kemudian dijual kembali.  

Smartphone dan laptop berbagai merek hasil rakitan ilegal dan rekondisi dijual dengan harga lebih murah dari harga pada umumnya. Biasanya dijual melalui online dan juga sejumlah toko handphone.  

Dari penggerebekan, petugas mengamankan sembilan pekerja dan empat warga negara Tiongkok yang menjadi pengawas dan penanggung jawab perakitan dan rekondisi handphone ilegal.  

Selain merekondisikan, para tersangka juga memalsukan manual book, garansi, dan nomor IMEI. Perbuatan tersangka telah melanggar sejumlah seperti Undang-Undang Perlindungan Konsumen, Perindustrian, dan Perdagangan, serta Izin Telkomunikasi.