Sukses

Raja Ampat Diguncang Gempa Dua Kali

Gempa bumi dua kali mengguncang kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, Sabtu (7/9/2019), membuat panik masyarakat setempat.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi dua kali mengguncang kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, Sabtu (7/9/2019), membuat panik masyarakat setempat.

Data yang diperoleh dari Stasiun Geofisika BMKG Sorong menyebut, telah terjadi dua kali gempa di Raja Ampat dengan guncangan terbesar magnitudo 5,4 pada pukul 06.14 WIT.

Pusat gempa pada koordinat 0.7 lintang selatan dan 130.50 bujur timur yang berjarak 18 km Barat Laut Raja Ampat dengan kedalaman 10 km. Gempa dirasakan di Raja Ampat II-III MMI, di Sorong I-II MMI.

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,3 juga terjadi pada pukul 00.55 WIT pada koordinat 0.38 lintang selatan dan 130.34 bujur timur yang berjarak 51 km Barat Laut Raja Ampat dengan kedalaman 10 Km.

Menurut Ody Warga Warga Waisai, ibu kota kabupaten Raja Ampat, hanya guncangan kedua berkekuatan magnitudo 5,4 yang dirasakan masyarakat setempat.

"Kami merasakan guncangan kedua saja, guncangan pertama kami tidak merasakan. Guncangan cukup lama dan banyak masyarakat keluar dari rumah," ujarnya seperti dikutip dari Antara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Raja Ampat