Sukses

BMKG: Gempa Hari Ini 2 Kali Guncang Papua

Dari ketiga gempa yang terjadi hari ini, BMKG menyebut Papua dan Papua Barat tak berpotensi tsunami.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa mengguncang tiga wilayah Indonesia hari ini, Jumat (6/9/2019). Hingga pukul 20.00 WIB, lindu terjadi dua kali di Sarmi Papua dan Sorong Papua Barat, sedangkan gempa ketiga terjadi di Pulau Saparua, Maluku Tengah. 

Dari ketiga gempa yang terjadi hari ini, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut Papua dan Papua Barat tak berpotensi tsunami.

Hingga berita ini diturunkan, BMKG juga belum menginformasikan kerusakan bangunan akibat terdampak gempa.

Sementara, gempa magnitudo 3,5 yang menggoyang Maluku Tengah, getarannya dirasakan hingga Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku dan Kota Maluku. 

Berikut tiga gempa hari ini yang menggoyang Indonesia:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gempa Sarmi Papua

Diperoleh dari laman resmi BMKG, gempa yang terjadi di Kabupaten Sarmi, Papua hari ini terjadi pada pukul 03:43:36 WIB.

Kekuatan gempa bermagnitudo 5 dengan kedalaman mencapai 23 kilometer. 

Ada pun pusat gempa berada di 41 km barat daya Sarmi, Papua. Sedangkan lokasinya berada pada titik koordinat 2,68  Lintang Selatan (LS) dan 138,9 Bujur Timur (BT). 

 

3 dari 4 halaman

Gempa Maluku Tengah

Gempa di Maluku Tengah, tepatnya terjadi di Pulau Saparua. Lindu terjadi pada pukul 05:37:49 WIB dengan kekuatan magnitudo 3,5. 

BMKG mengungkap pusat gempa yang melanda Maluku Tengah hari ini berpusat di laut dengan kedalaman 10 kilometer. Atau sekitar 39 kilometer barat laut Saparua. 

Sedangkan lokasi gempa berada pada koordinat 3,4 Lintang Selatan dan 128,34 Bujur Timur.

 

4 dari 4 halaman

Gempa Sorong

Gempa Sorong Gempa bumi dengan magnitudo 2,3 mengguncang Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, pukul 15.08 WIT.

Berdasarkan data yang diperoleh Stasiun Geofisika BMKG (BMKG) Sorong, pusat gempa bumi terletak pada koordinat 0,85 Lintang Selatan (LS) dan 131,02 Bujur Timur (BT) yang berjarak 25 km Barat Laut Kota Sorong dengan kedalaman 10 Km.

Ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, lindu ini merupakan gempa bumi dangkal akibat sesar aktif.

Dilansir Antara, Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami.

Hingga kini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Namun, kepada masyarakat, BMKG mengimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

 

Reynaldi Hasan 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Sarmi Papua

  • Gempa Sorong