Sukses

Polri Tegaskan Kelompok Pemberontak di Papua yang Terafiliasi ISIS Beda dengan KKB

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo menyebut, kedua kelompok di Papua ini memiliki perbedaan prinsip.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menegaskan, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) berbeda dengan kelompok pemberontak di Papua yang terafiliasi dengan organisasi radikal ISIS.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo menyebut, keduanya memiliki perbedaan prinsip.

"Mereka ini beda haluan," kata Dedi di Mabes Polri, Jumat (6/9/2019).

Menurut dia, kelompok yang terafiliasi dengan ISIS di Papua ini teridentifikasi dari Jamaah Ansharut Daulah.

"Ya betul, jaringan ISIS ada di Papua. Sudah dideteksi sekitar 2 tahun belakangan ini. Cuma dia aktifnya dalam 1 tahun belakangan ini," ucap dia.

Namun, Dedi mengatakan, pihaknya masih mendalami keterlibatan kelompok ini dengan kerusuhan.

"Apakah ada keterkaitan atau tidak tentunya Polri masih mendalami dan berdasar pada fakta hukum. Nanti dari Densus akan melihat apakah ada fakta hukum keterkaitannya dari beberapa jaringan ISIS di Papua maupun di Papua Barat terkait menyangkut masalah kerusuhan ini atau tidak," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.