Sukses

Polri Sebut Pemberontak Terafiliasi ISIS Sudah 2 Tahun di Papua, Ini Buktinya

Polisi menegaskan, ada kelompok pemberontak di Papua yang terafiliasi dengan organisasi radikal ISIS.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menegaskan, ada kelompok pemberontak di Papua yang terafiliasi dengan organisasi radikal ISIS. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, sepak terjang kelompok ini sudah terendus sejak dua tahun lalu.

Menurut dia, kelompok ini pernah merencanakan teror di berbagai wilayah Papua, antara lain, Manokwari, Jayapura, Wamena, Fakfak, dan Merauke. Tapi, berhasil digagalkan.

"Tahun kemarin, mereka berniat melakukan pengeboman di Polres Manokwari tapi berhasil diamankan," ucap Dedi di Mabes Polri, Jumat (6/9/2019).

Dia menerangkan, kelompok tersebut teridentifikasi berasal dari Jamaah Ansharut Daulah. Mereka diduga sudah dua tahun membangun jaringan di Papua. Namun, aktifnya baru satu tahun belakangan ini.

"Sel-selnya memang dia masih melakukan rekrutmen, kemudian penguasaan wilayah dan dia terus akan melakukan amaliah dengan sasaran anggota kepolisian di sana. Masih kita dalami terus," ucap Dedi.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hubungannya dengan Kerusuhan Papua?

Lalu, apakah kelompok ini terkait dengan kerusuhan Papua 17 Agustus 2019 lalu, Dedi mengatakan, polisi masih mendalaminya.

"Nanti dari Densus akan melihat apakah ada fakta hukum keterkaitannya dari beberapa jaringan ISIS di Papua maupun di Papua Barat terkait menyangkut masalah kerusuhan ini atau tidak," papar dia.

Yang jelas, kata Dedi, Polri masih fokus mengungkap dalang kerusuhan Papua. Juga melakukan upaya-upaya pencegahan maksimal sampai dengan beberapa bulan ke depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.