Dibandrol Rp 95 Juta, Jokowi Yakin Mobil Esemka Laku Keras

Oleh Lizsa Egeham pada 06 Sep 2019, 17:31 WIB
Presiden Jokowi Jajal Mobil Esemka

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meyakini mobil Esemka akan laku keras di pasaran. Pasalnya, mobil karya anak bangsa ini dibandrol dengan harga yang sangat cukup terjangkau yaitu Rp 95 juta (off the road).

"Saya melihat harga kompetitif, saya tanya harganya Rp 95 juta off the road. Feeling saya laku keras," kata Jokowi di Pabrik Esemka Boyolali Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Jokowi yang disopiri Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto juga sempat menjajal mobil pickup Esemka Bima 1.200 cc putih saat peresmian pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka). Bukan hanya desainnya yang baik, mantan Wali Kota Solo itu mengatakan mobil Esemka juga berkualitas.

"Kualitas menurut saya cukup baik. Tapi kalau ada kurang dikit ya ini produksi pertama. Tapi sudah bagus untuk produksi pertama, baik secara desain," tuturnya.

Jokowi mengatakan, pemerintah mendukung penuh PT Solo Manufaktur Kreasi memproduksi mobil Esemka. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut pemerintah tak akan memberikan suntikan dana untuk produksi mobil Esemka. Hal ini dilakukan lantaran Jokowi ingin perusahaan swasta berkompetisi.

"Enggak ada, ini adalah akan lebih baik kalau perusahaan swasta, ya mandiri. Berani berkompetisi. Akan bisa survive kalau punya produksi baik. Tapi memang punya keunggulan ini brand dan principal Indonesia," jelasnya.

2 of 3

Kilas Balik Esemka

Seperti diketahui, Esemka merupakan gagasan pemilik bengkel Kiat Motor Sukiyat. Berawal dari membantu siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), keinginannya menghadirkan mobil karya anak bangsa penuh drama dan lika-liku.

Pernah melembungkan nama Jokowi ketika masih menjabat sebagai Walikota Surakarta pada 2012, nama Esemka kembali redup. Kini, Presiden Jokowi telah meresmikan pabrik Esemka.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Live Streaming

Powered by
Tragedi Kabut Asap