Sukses

Menhan: Banyak yang Menyuruh Tentara Pulang dari Papua, Apa Maksudnya?

Ryamirzad menjelaskan, ada beberapa ancaman yang bisa menyerang di Papua.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamirzad Ryacudu mempertanyakan mengapa banyak masyarakat yang menginginkan pasukan TNI dan Polri ditarik dari Papua dan Papua Barat. Padahal, kata dia, jika TNI dan Polri ditarik bisa membuat Papua merdeka.

"Masih segar ingatan saya, pernyataan dari Bu Mega pada tahun 2004, dia berkunjung ke Papua. Satu kali TNI ditarik dari Papua, besok Papua merdeka," kata Ryamirzad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019). 

"Ini yang jadi acuan kita. Karena banyak sekali orang yang menyuruh-menyuruh tentara pulang, ini ada apa maksudnya?" sambungnya.

Ryamirzad menjelaskan, ada beberapa ancaman yang bisa menyerang di Papua. Karena itu, TNI harus terus berjaga di sana.

"Segala bentuk ancaman pemisahan diri terhadap NKRI dan segala bentuk pemberontalan bersenjata sudah masuk dalam kategori ancaman terhadap pertahanan negara. Dengan pelibatan TNI sebagai komponen negara dan akan dihadapi mekanisme pertahanan semesta," ungkapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Ditunggangi

Terkait kerusuhan di Papua yang kemungkinan bisa saja ditunggangi kelompok separatis untuk memisahkan diri juga perlu ditindaklanjuti. Sehingga kejadian itu tak lagi terulang.

"Juga pengibaran bendera Bintang Kejora yang dilakukan diberbagai tempat, aksi pemisahan diri dari NKRI yang juga dibarengi dng aksi kekerasan bersenjata, idealnya dilakukan secara persuasif. Namun, bila tak diindahkan, semestinya dilakukan secara pendekatan militer khususnya melalui operasi militer selain perang," ucapnya.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.