Sukses

Ini Lokasi Gunungan Sampah di Jabodetabek yang Mendadak Viral

Tak hanya sampah plastik, kasur bekas hingga limbah rumah tangga terkumpul menjadi satu.

Liputan6.com, Jakarta - Sampah masih menjadi persoalan yang sulit diatasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Kurangnya kepedulian terhadap lingkungan menjadi salah satu penyebabnya.

Masyarakat malas memilah-milah sampah antara organik dan anorganik. Belum lagi, kebiasaan membuang sampah sembarangan. Perilaku ini tidak mengenal jenis kelamin, maupun status sosial. Lama-kelamaan sampah itu pun menjadi menumpuk.

Seperti yang tampak di beberapa wilayah di Jabodetabek yang dirangkum Liputan6.com berikut ini.

1. Kampung Baru, Penjaringan, Jakarta Utara

Akhir-akhir ini nama Kampung Baru, RW 17 Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara menjadi sorotan. Bagaimana tidak, masyarakatnya tinggal di antara hamparan sampah.

Kondisi ini sempat direkam seorang warga. Rekaman video ini viral di media sosial. Tak hanya sampah plastik, kasur bekas hingga limbah rumah tangga terkumpul menjadi satu.

Kini setelah video tersebut ramai diperbicangkan, petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dari kelurahan dan kecamatan dikerahkan ke lokasi untuk membersihkan sampah.

2. Sungai Kalibaru, Kabupaten Bogor

Pemandangan sampah yang menumpuk juga terlihat di sepanjang Pintu Air Kedung Badak, Kelurahan Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal, yang berbatasan dengan Kabupaten Bogor hingga ke Sungai Kalibaru yang masuk wilayah adminstratif Kabupaten Bogor.

Temuan itu dari anggota BPBD, Satgas Naturalisasi Ciliwung dan aktivis lingkungan yang menyusuri menggunakan tiga perahu karet, Senin 2 September 2019.

Sampah kantong plastik, popok bayi bekas pakai, styrofoam bekas kemasan buah impor, bungkus makanan instan, satu karung bekas bungkus permen, bungkus kopi, berbagai macam kain, bangkai anjing, limbah rumah tangga, batok kelapa, pohon tumbang, rumpun bambu longsor, ban bekas, menggunung hingga menutupi aliran Sungai Kalibaru tepatnya di Kampung Jambu Diva, Desa Cilebut Barat, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Depok dan Tangerang

3. Kali Kampung Utan, Citayam, Depok

Tumpukan sampah yang menggunung juga pernah terjadi di Kali Kawasan Jalan H Nalih, Kampung Utan, Citayam Depok, pada 9 Agustus 2019. Sampah-sampah plastik, sterofom, hingga sedotan menghiasi kawasan tersebut.

Pemandangan ini sempat diabadikan lewat kamera ponsel. Videonya pun diunggah oleh akun instagram @depok_update pada 9 Agustus 2019 lalu.

Selain mengeluarkan bau tak sedap tumpukan sampah ini juga menghambat aliran kali.

4. Sungai Cisadane, Kota Tangerang

Sampah-sampah juga pernah menumpuk di aliran Sungai Cisadane akibat hujan yang mengguyur pada Rabu, 29 Agustus 2019.

Pertama di aliran Cisadane yang berada di bawah Jembatan Asmaul Husna, Cikokol, Kota Tangerang. Petugas kebersihan dan Dinas PUPR setempat, menjaring sampah tersebut agar tidak meluas.

Bila ditotal, ada sekitar 180 kubik sampah pada hari itu. Akhirnya sampah diangkut menuju Tempat Pembuangan akhir (TPA) Rawa Kucing di Neglasari, Kota Tangerang.

 

3 dari 3 halaman

Kali Jambe di Bekasi

5. Kali Jambe, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi

Sampah-sampah berserakan menutup aliran kali juga nampak terlihat di Kali Jambe. Sebuah akun instagram @riweuh_id mencoba mengambarkan kondisinya lewat sebuah video.

Dalam rekaman berdurasi sekitar 59 detik, menampilkan beberapa anak kecil tengah melihat ke arah aliran kali.

Namun, bukan air yang ada di kali tersebut melainkan sampah-sampah plastik.

Dalam keterangannya, @riweuh_id menuliskan kondisi Kali Jambe di Desa Mangunjaya Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Kali ini tercemar sampah sampai 500 meter sejak 3 bulan terakhir.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.