Sukses

Bamsoet Harap Fit and Proper Test Capim KPK Selesai Akhir September

Setelah dibawa ke rapat paripurna, DPR Akan meneruskannya nama-nama Capim KPK ke Komisi III sebagai komisi terkait untuk segera diuji kelayakan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo membenarkan pihaknya telah menerima surat dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait 10 nama calon pimpinan KPK. Surat itu akan segera dibawa ke rapat paripurna besok, Kamis 5 September 2019.

"Saya baru mau cek dan kalau nanti ternyata ada, karena nanti ada agenda bamus kemungkinan besar kita bawa langsung untuk segera dibacakan di rapat paripurna," kata Bamsoet, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Setelah dibawa ke rapat paripurna, DPR Akan meneruskannya ke Komisi III sebagai komisi terkait untuk segera diuji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test. Dia pun berharap fit and proper test bisa selesai pada sebelum akhir periode DPR 2014-2019 September mendatang.

"Ya kita harapkan Komisi III untuk bisa menyelesaikannya pada periode ini," ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menyetujui 10 nama calon pimpinan KPK, yang diusulkan pansel. Keputusan Jokowi tersebut dikatakan Moeldoko sudah final.

"Ya sudah final lah (10 nama capim KPK)," ucap Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (3/9).

Dengan begitu, 10 nama capim KPK itu siap diserahkan pemerintah ke DPR untuk uji fit and proper test. Moeldoko mengatakan, Jokowi meyakini bahwa pansel memiliki kredibilitas dalam menyeleksi capim KPK.

"Ya Presiden sudah memerintahkan mendelegasikan kewenangan kan pasti sudah memikirkan pada saat membentuk tim seleksi sudah memikirkan kredibilitas yang bersangkutan dan seterusnya," jelasnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

10 Nama Capim KPK

Berikut nama-nama capim KPK yang lolos tersebut:

1 Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata

2 Kapolda Sumsel, Irjen Pol Firli Bahuri

3 Auditor BPK, I Nyoman Wara

4 Jaksa, Johanis Tanak

5 Advokat, Lili Pintauli Siregar

6 Dosen, Luthfi Jayadi Kurniawan

7 Hakim, Nawawi Pamolango

8 Dosen, Nurul Ghufron

9 PNS Sekretaris Kabinet, Robi Arya

10 PNS Kementerian Keuangan, Sigit Danang Joyo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.