Tuai Kontroversi, Penulis Disertai Seks Halal di Luar Nikah Minta Maaf

Tuai Kontroversi, Penulis Disertai Seks Halal di Luar Nikah Minta Maaf

Permintaan maaf dibacakan Abdul Azis di Gedung Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Disertasi mahasiswa pascasarjana UIN Sunan Kalijaga yang juga dosen IAIN Surakarta ini yang berjudul "Konsep Milk Al-Yamin Muhammad Syahrur Sebagai Keabsahan Hubungan Seksual Nonmarital" menjadi kontroversi.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (4/9/2019), Abdul Azis berjanji akan merevisi disertasinya terutama pada judul yang akan digantinya menjadi "Problematika Konsep Milk Al-Yamin Dalam Pemikiran Muhammad Syaghrur" serta sejumlah bagian lain yang dianggap telah menimbulkan kontroversi.

Revisi dilakukan berdasarkan kritik dan masukan dari para promotor dan penguji.

"Kita menyarankan ke yang bersangkutan untuk mengganti point-point yang harus diganti yang menimbulkan kontroversi," kata Rektor UIN Sunan Kalijaga Yudian Wahyudi.

Majelis Ulama Indonesia menentang keras penelitian milik mahasiswa S3 itu. Komisi Fatwa MUI menyebut disertasi itu bertentangan dengan syariat Islam serta hukum di Indonesia.

Abdul Aziz berharap dengan permintaan maaf dan revisi, kontroversi terkait isi disertasinya bisa diakhiri. (Rio Audhitama Sihombing)

Ringkasan

Oleh Rio Audhitama Sihombing pada 04 September 2019, 14:47 WIB

Video Terkait

Spotlights