Kebakaran Lahan di Palangkaraya Meluas, Penghuni Panti Asuhan Diungsikan

Oleh Maria Flora pada 04 Sep 2019, 13:17 WIB

Fokus, Palangkaraya - Api melalap lahan gambut yang berada di kawasan Jalan Trans Kalimantan arah Palangkaraya, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (4/9/2019), minimnya sumber air dan kencangnya hembusan air membuat petugas kewalahan memadamkan api.

Hingga kini petugas masih terus berjibaku untuk memadamkan api yang telah menghanguskan lahan seluas 5 hektare lebih. Para petugas gabungan juga mengungsikan para penghuni panti asuhan ke tempat yang lebih aman.

Sementara di kawasan Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau, api kembali membakar lahan gambut seluas 2 hektare.

Kencangnya tiupan angin membuat petugas kewalahan memadamkan api. Keterbatasan jumlah personel dan sumber air juga menjadi kendala dalam pemadaman api.

Akibat kebakaran ini, Kota Pekanbaru, Rabu pagi, 3 September kemarin diselimuti asap pekat. Jarak pandang pun terbatas hingga 6 kilometer. Luas lahan yang sudah terbakar sepanjang tahun 2019 sudah lebih dari 6 ribu hektare.

Warga kian resah karena bencana kabut asap yang ditimbulkan akan mengganggu aktivitas serta mengancam kesehatan.