Sukses

Singapura Gandeng Indonesia dan India Lewat Komunitas Bina Masyarakat

Indonesia dan India menjadi dua negara tamu untuk mengikuti serangkaian giat kemasyarakatan Singapura yang bergerak dalam empat bidang berbeda.

Liputan6.com, Jakarta - Singapore International Foundation (SIF) kembali mengundangn jurnalis dari pelbagai belahan dunia untuk menjalin kerja sama di bidang komunitas bina masyarakat. Kali ini Indonesia dan India menjadi dua negara tamu untuk mengikuti serangkaian giat kemasyarakatan Singapura yang bergerak dalam empat bidang berbeda.

"Pertama, pertukaran budaya, bisnis socio entrepreneurs, inspirasi kisah, dan kerja sama sukarelawan," kata Nessi Nasrudin, Manager Communications (SIF) di Orchard Road, Singapura, Selasa (3/9/2019).

Nessi melanjutkan, program bidang pertama mereka terkait pertukaran budaya umumnya berbentuk inisiatif Arts for Good. Hal ini bertujuan untuk mendorong perubahan sosial yang positif lewat kolaborasi antara berbagai seniman di Singapura.

"Kami menggalang keterlibatan masyarakat yang lebih besar lagi dalam pembangunan berkelanjutan. Program ini juga menjadi peluang bagi ide dan pengalaman budaya para pemimpin kebijakan dan pembuat keputusan," jelas Nessi.

Untuk program bidang selanjutnya, SIF turut hadir dalam program kewirausahaan yang memiliki dampak sosial kepada masyarakat. Tidak sekadar keuntungan bisnis semata, namun juga memberikan nilai positif kepada khalayak.

"Kami membuka kesempatan bagi siapa pun kelompok wirausaha untuk ikut, program ini akan dibuka pada Oktober 2019, nantinya mereka akan mempresentasikan sebelum akhirnya pitching untuk menarik pemodal untuk meningkatkan usaha sosial mereka," terang dia.

Dua program terakhir, menurut Nessi cukup berkait. Contoh, untuk inspirasi kisah, SIF akan melihat dari para kelompok sukarelawan yang memiliki cerita yang inspiratif. Tujuannya untuk membangun kesadaran masyarakat lewat kisah mereka.

"Kami membuat video atau artikel yang dibagikan lewat portal daring atau dipublikasi melalui media-media. Jadi relawan SIF menjalankan program abdi masyarakat seperti water for life, atau words on wheels yang mendorong kegemaran membaca lewat perpustakaan keliling," Nessi menandasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kegiatan Selama Sepekan

Sebagai informasi, untuk tahun ini program SIF journalist visit programme berlangsung mulai 3 September 2019 dan berlangsung selama sepekan. Setiap harinya, kelompok wartawan dari Indonesia dan India, termasuk dari Liputan6.com, akan diantarkan ke pelbagai tempat loka karya yang dimiliki masyarakat Singapura yang mengandung nilai sosial dan humanis.

Seperti, mengunjungi ladang perkebunan warga di atas gedung pencakar langit, pasar barang ramah lingkungan, dan mengunjungi komunitas pensiunan yang dikelola negara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini