Akses Internet di Papua dan Papua Barat Dibuka Bertahap Hari Ini

Oleh Lizsa Egeham pada 04 Sep 2019, 06:03 WIB
Menkominfo Rudiantara

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informartika (Kominfo) Rudiantara mengatakan, pihanya akan mencabut pemblokiran internet di sejumlah wilayah Papua dan Papua Barat secara bertahap. Akses internet ini akan dibuka secara bertahap mulai Rabu (4/9/2019).

"Nah ini sedang kita koordinasikan kabupaten dan kota mana saja. Mudah-mudahan sudah ada ini (datanya). Sehingga secara bertahap sudah bisa dilakukan, diaktifkan kembali layanan datanya di beberapa kabupaten, kota," ujar Rudiantara di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 3 September 2019.

Kendati begitu, dia menyebut bahwa tak semua layanan di wilayah Papua dan Papua Barat akan dibuka. Rudiantara menjelaskan bahwa layanan internet akan dibuka di beberapa kabupaten atau kota yang dinilai sudah kondusif.

"Yang disiapkan skenarionya adalah, pembatasan masih ada tetapi levelnya diturunkan ke tingkat kabupaten atau kota. Sehingga katakanlah di Papua tidak semua kabupaten, kota diberikan pembatasan. Yang harus dibatasi-dibatasi, yang tidak ya tidak," jelasnya.

2 of 3

Pemblokiran

Demonstrasi di Abepura
Komite Nasional Papua Barat (KNPB) menggelar unjuk rasa di Jalan Waena, Abepura, Kota Jayapura, Papua. (Liputan6.com/Katharina Janur)

Sebelumnya, pemblokiran akses internet telah dilakukan Kemenkominfo sejak 21 Agustus 2019. Hal itu terkait dengan upaya proses pemulihan situasi keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut.

Pemblokiran tersebut dilakukan untuk mencegah hoaks di media sosial akibat kerusuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat. Pasalnya, pemerintah menemukan berbagai konten hoaks terkait kerusuhan di Bumi Cenderawsih itu.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓