Sungai Cipakancilan Bogor Berubah Jadi Tempat Pembuangan Sampah

Oleh Nila Chrisna Yulika pada 03 Sep 2019, 12:04 WIB
Tim Satuan Tugas Ciliwung menemukan anak Sungai Ciliwung, Sungai Cipakancilan, penuh dengan sampah.

Liputan6.com, Bogor - Tim Satuan Tugas Ciliwung menemukan anak Sungai Ciliwung, Sungai Cipakancilan, penuh dengan sampah. Di wilayah Cilebut atau Bojonggede sungai itu dinamakan Kali Baru.

Sekretaris Tim Satgas Ciliwung Kota Bogor, Een Irawan Saputra mengatakan, sepanjang aliran sungainya mulai dari Wilayah Kedung Badak (underpass Jalan Baru) Cilebut penuh dengan timbulan sampah.

"Sepaanjang sungai itu sudah sampah semua. Bukan lagi spot per spot. Tapi merata," kata Een kepada Liputan6.com di Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Een mengatakan, warga sudah mulai membuang sampah di sungai itu sejak tahun 80an. "Dari tahun 80an tidak ada perhatian sama sekali, ada beberapa warga saya tanya, dia bilang dia lahir tahun 1984 dah warga sudah buang sampah di situ," kata dia.

Een mengatakan, penyuplai sampah berada di Bojonggede. "Bulan April lalu DLH Kabupaten Bogor saja harus mengerahkan 50 truk sampah untuk membersihkan sampah di kawasan Simpang Bambu Kuning, Bojonggede," kata dia.

2 of 3

Untuk Mandi dan Mencuci

Een mengatakan, sampah-sampah yang menggunung ibu adalah sampah rumah tangga. Een mengatakan, banyak warga yang mandi dan mencuci di sungai tersebut lantaran tak ada air bersih.

Hingga saat ini, kata Een pihaknya masih mensurvei kawasan tersebut untuk mematakan masalah.

"Saya harap bukan seperti pemadam kebakaran. Kita hanya bersihkan, angkut, saja tetapi harus ada edukasi, pastikan setelah diangkat tidak ada lagi buang ke situ," kata dia.

3 of 3

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓