Geliat Papua Usai Kerusuhan di Kota Jayapura

Oleh Maria Flora pada 03 Sep 2019, 11:42 WIB

Fokus, Papua - Pasca-kerusuhan Kamis 29 Agustus lalu, Kota Jayapura, Papua, kini berangsur kondusif. Kendaraan sudah banyak yang melintas di jalan raya. Masyarakat pun sudah mulai beraktivitas seperti biasa.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (3/9/2019), petugas PLN juga mulai melakukan pemulihan arus listrik di lokasi terdampak kerusuhan. Salah satunya seperti di Jalan Baru Kelapa Dua, Entrop, Jayapura, Papua.

Kawasan pertokoan ini hangus dibakar massa. Kala itu aliran listrik terputus dan sebagian warga pun mengungsi.

Sementara itu, di sekitar kawasan Pelabuhan Jayapura, banyak perkantoran dan ruko yang hangus akibat amukan massa. Sejumlah warga mengungsi karena khawatir kerusuhan terjadi lagi.

Pemerintah daerah kini masih mengumpulkan data kerugian korban terdampak kerusuhan.

Sementara itu, aktivitas di Pasar Sentra Hamadi, salah satu pasar terbesar di Jayapura juga mulai pulih. Para pedagang sudah mulai kembali berjualan.

Meski tidak terdampak kerusuhan secara langsung, namun para pedagang takut para perusuh ikut merusak lapak dan menjarah dagangan sehingga mereka tidak berjualan beberapa hari pasca-kerusuhan.

"Memang sudah ajalnya atau bagaimana ya, kita pasrah. Kita bisa antsipasi tapi kalau memang datang ajalnya ya sudah. Kerugian memang banyak apalagi menyangkut anak-anak kita yang sekolah dan kuliah," kata Dina, pedagang pasar.