Sukses

Moeldoko Berharap Pemerintah AS Dukung Indonesia Terkait Papua

Dalam pertemuan itu, Moeldoko mengaku tidak secara spesifik membahas kondisi di Papua.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko bertemu dengan Asisten Sekretaris Negara untuk Biro Urusan Asia Timur dan Pasifik Amerika Serikat (AS), David R Stillwell. Keduanya membahas program-program prioritas pemerintah Indonesia ke depan.

"Beliau ingin menanyakan beberapa hal, yang pertama prioritas agenda program pemerintah ke depan seperti apa. Terus yang kedua pandangan kita melihat perkembangan di Laut Cina Selatan seperti apa," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (2/9/2019).

"Berikutnya ketiga, bagaimana membangun keseimbangan dalam konteks bisnis antara Amerika dengan Indonesia dalam konteks perdagangan. Tiga hal itu yang tadi kita bicarakan," sambungnya.

Dalam pertemuan itu, Moeldoko mengaku tidak secara spesifik membahas kondisi di Papua. Namun, dia berharap Amerika Serikat mendukung Indonesia terkait masalah Papua.

"Tidak, tidak secara spesifik membahas hal itu (Papua). Tetapi yang sama-sama kita inginkan adalah kita juga ingin Amerika memberikan support atas kondisi yang terjadi di Papua. Beliau sangat support ya, tentang kedaulatan sangat support," tutur Moeldoko.

Mantan Panglima TNI itu berharap AS mendukung Indonesia dari segala sisi, apalagi kerja sama dengan negara adidaya itu selama ini dapat terjalin dengan baik.

"Dari segala sisi, dari sisi diplomatik, dari sisi menjaga situasi bersama, karena kita sama-sama Amerika juga memiliki kegiatan di sana. Intinya bahwa Amerika memberikan kekuatan penuh," tandas Moeldoko.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemerintah Terus Bekerja

Sementara, terkait dengan desakan terhadap Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk mengunjungi Papua, Moeldoko menyebut bahwa bekerja terkait kondisi Papua akan melihat sesuai tingkatan jabatan yang ada.

"Bekerja itu ada hierarkisnya. Makanya di militer itu ada komandan batalion, komandan brigade, panglima ada KSAD. Jadi kalau situasi itu, harus, nanti kalau presiden langsung ke sana pekerjaan yang di bawah bagaimana," kata Moeldoko.

Dia memastikan, kepala negara dan jajarannya terus bekerja mengatasi permasalahan di Papua. Pemerintah saat ini bekerja mulai level jajaran aparat hingga masing-masing pejabat daerah untuk mencari solusi masalah Papua.

"Jadi komando ini harus dibangun, jadi semua agar berpikir keras untuk mengatasi level jabatan masing-masing. Itu begitu," tuturnya.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.