Sukses

Dukung Airlangga, Para Ketua DPD II Golkar di Jabar Ucap Sumpah di Masjid

Proses pengucapan sumpah itu terekam video. Kini, videonya yang berdurasi 1 menit 25 detik telah menyebar terutama di kalangan politikus Golkar.

Liputan6.com, Jakarta - Para ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar di wilayah Jawa Barat mengucapkan sumpah di bawah Alquran. Isi sumpahnya adalah mendukung dan memilih Airlangga Hartarto sebagai calon ketua umum Golkar pada musyawarah nasional (munas) mendatang.

Pengucapan sumpah itu dipandu langsung oleh Ketua DPD I Golkar Jabar Dedi Mulyadi di dalam sebuah masjid di Purwakarta, Sabtu 31 Agustus 2019. Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan orang dekatnya, Melchias Markus Mekeng juga menyaksikan langsung pengucapan sumpah itu.

Proses pengucapan sumpah itu terekam video. Kini, videonya yang berdurasi 1 menit 25 detik telah menyebar terutama di kalangan politikus Golkar.

Sebagaimana terlihat dalam video yang beredar, bacaan basmalah mengawali pengucapan sumpah yang berisi dua butir janji tersebut. “Demi Allah saya bersumpah, saya akan mencalonkan, mendukung dan memilih Bapak Ir Airlangga Hartarto MBA, MMT sebagai ketua umum DPP Partai Golkar 2019-2024,” ujar Dedi saat memimpin pembacaan sumpah.

Para ketua DPD II Golkar di Jabar juga siap menerima konsekuensi jika mengkhianati sumpah mendukung Airlangga. “Saya bersedia menerima laknat atas pengkhianatan,” pungkas Dedi dan para ketua DPD II Golkar.

Selanjutnya, para ketua DPD II Golkar Jabar menandatangani sumpah itu. Ketua DPD II Golkar Pangandaran Taufik Martin menjadi yang pertama menandatangani sumpah itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lokasi Pengucapan Sumpah

Lokasi pengucapan sumpah itu diduga di Masjid Agung Purwakarta. Merujuk pada ornamen dinding dan lantai lokasi pengucapan sumpah, ada kemiripan dengan interior tempat ibadah yang juga dikenal dengan nama Masjid Baing Yusuf itu.

Sebuah foto lain juga memperlihatkan lukisan bergambar Airlangga dengan ukuran cukup besar diletakkan di dekat mihrab masjid. Airlangga dan Dedi tampak berpose bersama di dekat foto itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini