Ridwan Kamil Ungkap Alasan Ingin Pindahkan Ibu Kota Jabar dari Bandung

Oleh Maria Flora pada 30 Agu 2019, 16:08 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usulkan pemindahan Ibu Kota Provinsi Jawa Barat dari Kota Bandung, yang dinilai sudah tidak layak lagi menjadi pusat pemerintahan. Kajian akan dilakukan selama 6 bulan di sejumlah wilayah.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (30/8/2019), secara fisik Ridwan Kamil menilai Kota Bandung sudah tidak dapat menjadi pusat pemerintahan Jawa Barat.

Setidaknya ada tiga lokasi yang diusulkan, yakni Tegalluar di Kabupaten Bandung, Walini di Kabupaten Bandung Barat, dan wilayah rebana seperti Cirebon, Patimban dan Majalengka.  

Di antara usulan yang ada, terdapat kawasan Tegalluar yang terletak sekitar 30 kilometer dari Soreang. Tegalluar merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan penyangga Kota Bandung, tepatnya kawasan Gedebage.

Kini sejumlah fasilitas umum dan gedung pemerintahan telah berdiri di Gedebage.  

Lokasi lain yang dinilai strategis yakni Walini yang berada di Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat.

Berada di tepi jalan Tol Cipularang, membuat Walini mempunyai lokasi strategis. Apalagi di kawasan tersebut juga direncanakan akan menjadi salah satu titik stasiun kereta cepat Jakarta-Bandung. Meskipun begitu, pilihan ibu kota baru masih terbuka untuk wilayah lainnya.