Aksi Baku Hantam Nyaris Warnai Operasi Patuh Jaya 2019 di Kawasan Pesing

Oleh Maria Flora pada 30 Agu 2019, 09:19 WIB

Fokus, Jakarta - Pengendara motor ini terus melayangkan protes saat terjaring razia patuh jaya di Jalan Lintas Atas, Pesing, Daan Mogot, Jakarta Barat, Kamis siang.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (30/8/2019), meski telah ada tanda larangan sepeda motor melewati jalan layang ini, pengendara ini tetap ngotot merasa tak bersalah. Seorang petugas bahkan sempat terpancing emosi hingga nyaris baku hantam. Namun dilerai petugas lainnya.

Kawasan Pesing menjadi salah satu titik razia patuh jaya di Jakarta Barat. Sedikitnya 50 orang pemotor diberikan surat tilang.

Sementara itu, sejumlah pengendara motor yang melintas di Jalan Raya Pantura Pesurungan Kota Tegal, Jawa Tengah, Kamis siang, mendadak memutar balik. Kendaraan lalu tancap gas melawan arus saat melihat sejumlah petugas polantas tengah menggelar razia operasi patung candi di depan Gedung PPIB.

Beberapa di antaranya bahkan ada yang berpura-pura masuk warung makan. Beragam cara dilakukan para pengendara untuk menghindar. Namun, petugas menilang puluhan pengendara motor karena tidak membawa SIM atau STNK motor yang mayoritas pelajar dan ibu rumah tangga.

Di Jombang, Jawa Timur, hari pertama razia operasi patuh jaya juga diwarnai banyaknya pengendara yang terkena tilang. Bahkan, aksi putar balik kendaraan hingga melawan arus dilakukan serentak sejumlah pengendara untuk menghindari razia. Ada juga pelajar yang tersedu di telefon karena terjaring razia.

Pada hari pertama pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2019, Satlantas Polres Jombang menindak sedikitnya 250 pelanggar lalu lintas.

Operasi patuh digelar serentak di Indonesia selama 14 hari mulai 29 Agustus hingga 10 September untuk meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat dalam berlalulintas.