Sukses

Jokowi Akan Evaluasi Pendekatan Keamanan di Papua

Dengan dilakukan evaluasi, diharapkan pemerintah dapat mengatasi persoalan di Papua dengan tepat.

Liputan6.com, Purworejo - Aksi protes berujung kerusuhan kembali terjadi di Jayapura Papua, Kamis (29/8/2019). Aksi demo ini merupakan protes terhadap dugaan tindakan rasisme yang dialami mahasiswa Papua, beberapa waktu lalu.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan, pemerintah akan melakukan evaluasi pendekatan keamanan yang selama ini dilakukan saat mengatasi persoalan di Papua. Evaluasi ini bakal dilakukan secara menyeluruh.

"Semuanya akan kami evaluasi," ucap Jokowi Alun-alun Purwarejo Jawa Tengah, Kamis (29/8/2019).

Dengan dilakukan evaluasi, diharapkan pemerintah dapat mengatasi persoalan di Bumi Cenderawasih itu dengan tepat. Pemerintah sendiri telah menambah pasukan keamanan, pascakerusuhan yang terjadi di Papua.

Tak hanya itu, pemerintah juga melakukan pemblokiran internet di Papua. Hal ini dilakukan pemerintah sebab banyaknya berita hoaks di media sosial soal kerusuahan di Papua.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Tenang dan Jangan Anarkistis

Untuk saat ini, Jokowi meminta masyarakat Papua tetap tenang dan tidak bertindak anarkistis. Menurut dia, tindakan anarkistis tak tepat untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang ada.

"Kita semuanya akan rugi apabila ada fasilitas-fasilitas umum, fasilitas-fasilitas publik, fasilitas-fasilitas masyarakat yang kita bangun bersama jadi rusak atau dirusak," kata Jokowi.

Jokowi mengaku telah memerintahkan Menko Polhukam Wiranto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala BIN Budi Gunawan, serta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk melakukan tindakan tegas kepada siapa pun yang melanggar hukum. Hal tersebut berlaku bagi para pelaku anarkis serta yang melakukan rasisme kepada mahasiswa Papua.

"Ambil tindakan tegas terhadap siapapun yang melanggar hukum dan pelaku tindakan anarkis serta rasialis," tegas Jokowi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Papua