Sukses

Polri: Kondisi Jayapura Malam Ini Berangsur Kondusif

TNI-Polri bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah masih menjalin komunikasi dengan segelintir massa di Papua.

Liputan6.com, Jakarta - Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo menyatakan, situasi di Distrik Abepura, Jayapura, Papua, berangsur-angsur kondusif.

Meski, TNI-Polri bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah masih menjalin komunikasi dengan segelintir massa di Papua.

"Wilayah Jayapura sekitarnya meskipun jalur komunikasi agak sulit alhmadulilah informasi yang saya dapat malam ini, situasi sudah cukup kondusif," kata Dedi di Mabes Polri, Kamis malam (29/8/2019).

Dedi menjelaskan, 1.000 orang berkumpul menyampaikan aspirasinya di Distrik Abepura, Jayapura, Papua. Awalnya aksi itu berlangsung damai. Kemudian, datang sekelompok perusuh.

"Perusuh tersebut memprovokasi massa untuk melakukan tindakan anarkis. Oleh karenanya ada beberapa kerusakan di sepanjang aksi demo," ucap dia.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perusuh Buat Suasana Memanas

Dedi melanjutkan, sekolompok perusuh itupun membuat suasana menjadi memanas. Mereka merusak sejumlah fasilitas publik.

"Beberapa kendaraan dinas yang pecah kacanya, mobil milik masyarakat, pembakaran di belakang kantor MRP. Kemudian pengerusakan polsek Jayapura Selatan dan untuk pembobolan dan pengerusakan Lapas Abepura masih belum dapat update terbaru apakah ada warga binaan melarikan diri atau rusak di dalam saja," papar Dedi.

Hingga kini, sebagian masyarakat sudah kembali ke kediaman masing-masing. Dedi pun mengimbau maayarakat untuk tidak terprovokasi oleh narasi-narasi hoax. "Kita imbau sama-sama terus," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.