Sukses

LSI: Warga Puas dengan Demokrasi di Indonesia

Sementara itu, LSI menyebut warga yang menyatakan tidak puas atas demokrasi di Indonesia sebanyak 25,8 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis survei terkait efek kinerja pemberantasan korupsi terhadap dukungan terhadap Jokowi. Salah satu variabel yang disurvei adalah tingkat kepuasan warga terhadap demokrasi di Indonesia.

Peneliti senior LSI, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, mayoritas penduduk Indonesia puas dengan demokrasi di negara ini atau sebanyak 68,7 persen. Dia merinci, 63,2 persen warga merasa puas dan 5,5 persen merasa sangat puas.

"Dalam tiga tahun terakhir, kepuasan terhadap demokrasi cenderung meningkat. Kepuasan ini sempat menurun di akhir 2018, namun kembali menunjukkan kecenderungan meningkat pada Mei 2019," jelasnya saat rilis hasil survei di Hotel Mercure, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (29/8).

Sementara itu, warga yang menyatakan tidak puas atas demokrasi di Indonesia sebanyak 25,8 persen. Tidak puas sama sekali sebanyak 2,8 persen dan tidak jawab atau tidak tahu sebanyak 2,7 persen.

Burhanuddin mengatakan survei LSI ini melibatkan 1.220 responden sebagai basis survei. Responden dipilih acak atau multistage random sampling. Margin of error 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Wawancara lapangan terhadap responden ini dilakukan setelah Pemilu serentak 2019 yaitu 11-16 Mei yang lalu.

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.