Sukses

Anies Baswedan Akan Perbanyak Fasilitas Air Siap Minum

Anies mengatakan, pihaknya akan memperbanyak fasilitas keran air siap minum ini di tempat-tempat yang banyak dilalui para pejalan kaki.

Liputan6.com, Jakarta - Fasilitas tap water atau keran air siap minum sudah ada di beberapa tempat di Jakarta. Air minum ini bisa diambil dan gratis.

Salah satu tempat yang menyediakan tap water ada di Balai Kota atau Kantor Gubernur DKI Jakarta di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, akan memperbanyak fasilitas air siap minum ini di tempat-tempat umum, khususnya di area sekitar moda transportasi publik. Anies mengatakan, hal ini telah masuk dalam perencanaan dan akan diumumkan jika telah siap.

"Kalau sudah siap untuk diumumkan kita umumkan. Itu salah satu hal yang ingin kita siapkan untuk masyarakat semua adalah air minum," jelasnya di Balai Kota, Kamis (29/8).

Anies mengatakan, pihaknya akan memperbanyak fasilitas air siap minum ini di tempat-tempat yang banyak dilalui para pejalan kaki.

Para pejalan kaki yang membawa botol isi ulang bisa langsung memanfaatkan fasilitas tersebut. Hal ini juga akan mengurangi sampah plastik.

"Pejalan kaki akan dengan mudah mendapatkan tap water. Kita sempat luncurkan satu di Dukuh Atas. Di Dukuh Atas ada. Nanti kita ingin membuat di dekat stasiun-stasiun, dekat halte-halte sehingga pejalan kaki itu membawa tumblr dengan mudah mendapatkan air," ucap Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyulingan dari PDAM

Proses penyulingan air ini, kata Anies, dilakukan PDAM. Sementara regulasinya berada di bawah Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta.

Tap water yang tersedia di Balai Kota kerap dimanfaatkan para pegawai, wartawan, warga, maupun petugas pertamanan. Ada tiga jenis air yang tersedia; panas, biasa, dan dingin. Salah seorang wartawan, Asrofih mengatakan sering mengambil minum di tap water tersebut. Dia juga berharap fasilitas ini bisa diperbanyak di tempat-tempat lain.

"Banyak (ambil air di sini). Enggak cuma PNS, orang-orang juga banyak pada ngambil di sini," ujarnya.

 

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.