Sukses

Waspada, Saat Melintas di Tikungan Tapal Kuda Cianjur

Akibat kejadian ini tiga orang mengalami luka dan langsung dibawa ke RSUD Sayang Cianjur.

Liputan6.com, Cianjur - Satu unit bus jurusan Jakarta-Garut terguling saat melintas di Jalan Raya Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, pada Rabu 28 Agustus 2019.

Tiga orang mengalami patah tulang akibat kejadian tersebut. Tiga orang yang terluka adalah seorang penumpang, sopir dan kondektur bus. Hingga kini ketiga korban masih berada di RSUD Sayang Cianjur untuk penanganan medis.

Salah seorang penumpang asal Garut, Ade (25), menceritakan bus berwarna hijau melaju dengan kecepatan sedang hendak menuju Jakarta. Saat kejadian itu, lalu lintas sedang lancar.

Sewaktu melintasi tikungan Tapal Kuda sekitar pukul 13.00 WIB, bus diduga mengambil jalan terlalu ke kiri sehingga terguling, setelah sebelumnya menabrak pembatas jalan.

"Jalan kan menikung dan nanjak, lalu bus itu tiba-tiba ke kiri dan terguling ke sawah," ujar Ade yang mengalami luka memar di kaki kanannya.

Ati (42), penumpang lainnya mengaku masih syok. Sebab, saat di dalam bus berplat nomor Z 7912 D, dia bersama anaknya duduk persis di sebelah kiri sopir bus sehingga merasakan betul detik-detik terjadinya kecelakaan itu.

Saat bus terguling, seluruh penumpang bus menumpuk di dalam sambil berteriak histeris. Tak lama kemudian, satu persatu penumpang keluar dari kaca samping.

"Alhamdulillah selamat. Saya dan anak keluar, ditolongin sama penumpang lain lewat jendela," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sopir Patah Kaki

Sementara Kanit Laka Lantas Polres Cianjur, Ipda Iwan Hendi mengatakan, sopir mengemudikan bus yang membawa 40 penumpang terlalu ke kiri, sehingga ban bagian belakang terperosok dan terguling ke sawah.

Akibat kejadian ini tiga orang mengalami luka dan langsung dibawa ke RSUD Sayang Cianjur untuk penanganan medis.

"Jika perlu penanganan lebih lanjut mereka akan dirujuk ke RS Hasan Sadikin Bandung," ujar Iwan.

Polisi belum meminta keterangan dari sopir dan kondektur karena keduanya masih dirawat akibat mengalami patah tulang kaki.

"Untuk hal lain (kelayakan bus) masih kita dalami," kata dia.

Sementara itu, lima truk derek dari Unit Laka Lantas Polres Cianjur diturunkan untuk mengevakuasi badan bus yang terguling di sawah. Sekitar tiga jam kemudian, bangkai bus akhirnya bisa diangkat.

Kejadian ini sempat membuat arus lalu lintas dari arah Cianjur menuju Puncak Bogor maupun sebaliknya macet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.