Sukses

Amoeba Telkom Gandeng Pemkot Tangsel Digitalisasi Sektor UMKM

CEO Amoeba, Fauzan Feisal mengatakan, langkah ini diambil untuk mewujudkan cita-cita besar Telkom membantu masyarakat dengan inivasi dan teknologi.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie menyambangi kantor pusat PT Telkom Indonesia di bilangan Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Kunjungan ini sebagai langkah awal Pemkot Tangsel menjalin kerjasama dengan BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi ini untuk melakukan digitalisasi ekosistem UMKM di Tangsel. Amoeba Telkom, ‘venture capital’ sekaligus motor inovasi di bawah Telkom, dalam hal ini bertindak sebagai inisiator sekaligus eksekutor rencana kerjasama ini.

CEO Amoeba, Fauzan Feisal mengatakan, langkah ini diambil untuk mewujudkan cita-cita besar Telkom membantu masyarakat dengan inivasi dan teknologi.

"Idenya, kami akan membangun satu ekosistem digital yang terintegrasi, dari mulai training bisnis, bantuan permodalan berbasis fintech, sampai mendampingi komersialisasinya. Ini untuk membantu UMKM di daerah-daerah agar lebih berdaya. Pilotnya akan kita kerjakan di Tangsel.” Ujar Fauzan di Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Hal yang sama dikatakan Benyamin Davnie, yakni rencana kerjasama ini sejalan dengan visi Pemkot Tangsel untuk mencetak dan memberdayakan pengusaha lokal, membuka lapangan pekerjaan baru, serta mewujudkan cita-cita Tangsel menjadi kota industri dan jasa.

"Ini jawaban untuk kegelisahan kami selama ini. Tahun ini bahkan kami akan punya gedung 10 lantai sebagai pusat inovasi dan inkubasi. Saya kira manajemennya bisa dikolaborasikan dengan Amoeba Telkom," ujar Ben.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serap Angkatan Kerja Baru

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Direktur Bisnis Digital Telkom, Faizal R. Djoemadi, juga tokoh muda Tangsel Fahd Pahdepie yang bertindak sebagai ‘bridge builder’ antara Pemkot Tangsel dan Amoeba Telkom untuk program ini. Program ini direncanakan akan dieksekusi dalam waktu dekat.

Sementara itu, tokoh muda Tangsel, Fahd Pahdepie, yang turut hadir dalam pertemuan tersebut, dan menjadi penghubung pihak Telkom dan Pemkot Tangsel mengatakan, rencana kerjasama ini merupakan terobosan yang akan berdampak nyata bagi masyarakat Tangsel, terutama dalam hal mencetak pengusaha baru dan membuka lapangan kerja.

"Jika 5000 UMKM berhasil digerakkan melalui program ini, katakan rata-rata menyerap 10 orang tenaga kerja saja, maka akan ada 50.000 angkatan kerja baru yang terberdayakan. Ini jelas akan memberikan dampak sosial yang positif dan tidak sedikit bagi masyarakat," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.