Sukses

Rilis Buku Akal Sehat, Bamsoet: Tak Perlu Gengsi Evaluasi Demokrasi

Ketua DPR Bambang Soesatyo merilis buku "Akal Sehat". Bamsoet menggali sudut pandang demokrasi Indonesia yang dinilai perlu dievaluasi dalam buku tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet merilis buku "Akal Sehat". Bamsoet menggali sudut pandang demokrasi Indonesia yang dinilai perlu dievaluasi dalam buku tersebut.

"Ada pemikiran sistem demokrasi kita yang perlu dievaluasi, kalau ditimbang banyak mudaratnya, kita tak perlu gengsi kita evaluasi," kata Bamsoet dalam sambutannya di Posko Bamsoet, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (28/9/2019).

Bamsoet menilai, Indonesia memiliki sila keempat yakni Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan. Itu berarti, lanjut dia, bagaimana cara untuk memperjuangkan aspirasi rakyat melalui demokrasi.

Demokrasi saat ini, Bamsoet menilai menjadi persoalan. Karena pasca reformasi warga Indonesia terlalu bereuforia untuk mengadopsi sistem demokrasi luar yang liberal dan akhirnya berdampak hingga sekarang.

Karenanya, Bamsoet menawarkan sebuah keyakinan akal sehat untuk menantang dan merefleksikan kembali, perlukah gaya demokrasi saat ini dipertahankan atau tidak.

"Jadi saya mengajaksiapapun mengkaji sistem demokrasi, apakah kita perlu ini diteruksan atau dievaluasi?" Bamsoet menandasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.