Jadi Calon Ibu Kota, Kegiatan Jual Beli Tanah di Penajam Paser Utara Meningkat

Oleh Maria Flora pada 28 Agu 2019, 10:47 WIB

Fokus, Penajam Paser Utara - Sejak mulai ditetapkan sebagai calon ibu kota hingga ditetapkan menjadi ibu kota negara, geliat kehidupan di kawasan Semoi, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara ini meningkat.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (28/8/2019), sejumlah orang dari luar Semoi mulai mendatangi kawasan yang sebelumnya tidak dikenal secara luas tersebut.

Ramainya Semoi didatangi berbagai orang dari luar diduga erat kaitannya dengan kegiatan jual beli tanah yang mulai meningkat.

Berdasarkan laporan yang diterima camat, sejak Sepaku digadang-gadang sebagai calon ibu kota Indonesia, muncul calo tanah yang menawari pemilik tanah dengan harga tinggi jika bersedia menjual tanahnya.

"Para lurah dan kepala desa kita ini sudah banyak sekali geliat terhadap orang-orang yang berminat membeli lahan, bahkan sudah mengiming-imingi dengan harga tinggi. Namun, kami mengingatkan untuk hati-hati dalam melakukan proses administrasi jual beli lahan di wilayah kita, karena kita sebagian masih ada di kawasan hutan," kata Camat Sepaku Risman Abdul.

Kecamatan Sepaku merupakan lokasi yang terletak bersebelahan dengan kawasan Samboja, Kutai Kartanegara, yang juga ditetapkan sebagai lokasi ibu kota negara yang baru.