Sukses

Kapolri Minta Semua Pihak Jaga Keamanan di Papua

Kapolri Jenderal Polisi M Tito Karnavian berharap semua pihak berkomitmen menjaga keamanan di Papua. Hal itu disampaikannya bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Liputan6.com, Jayapura - Kapolri Jenderal Polisi M Tito Karnavian berharap semua pihak berkomitmen menjaga keamanan di Papua. Hal itu disampaikannya bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Tadi di Biak, Bupati Biak juga menyampaikan berkomitmen dengan para tokoh agar bersama TNI dan Polri menjaga keamanan di Biak. Kami harapkan di seluruh wilayah Papua memilki komitmen yang sama," kata Tito usai pertemuan tertutup di Mapolda Papua, Kota Jayapura, seperti dilansir Antara, Selasa 27 Agustus 2019 malam.

Mantan Kapolda Papua itu mengaku telah bertemu dengan Gubernur Papua Lukas Enembe di Istana Negara dan membahas soal Papua. Dia mengatakan, Gubernur Lukas pun menyuarakan komitmen yang sama.

"Saya juga sudah bertemu dengan Pak Gubernur Lukas Enembe bersama Panglima TNI kemarin di istana, juga sama. Pak Lukas sampaikan komitmen untuk bersama-sama menjaga keamanan di tanah Papua," tutur Kapolri.

Tito mengungkapkan, Polri akan terus melakukan evaluasi soal masalah Papuahingga keamanan benar-benar pulih.

"Yang jelas kita akan evaluasi. Saya dan pak Panglima TNI akan terus evaluasi, yang penting komitmen bersama untuk menjaga keamanan Papua jangan terpengaruh hoaks atau berita-berita yang tidak benar," tegasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Bantuan Media

Ia juga meminta agar peran media di Papua ataupun di Indonesia bisa memberikan pencerahan dan edukasi, bukan sebaliknya.

"Termasuk rekan-rekan media juga tolong memberitakan yang menyejukkan, misalnya, Panglima TNI dan Kapolri jamin keamanan di Papua, supaya semua bisa hidup tenang dan nyaman," ucap Kapolri.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi M Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menggelar pertemuan tertutup di Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Papua di Kota Jayapura, Selasa petang.

Namun sebelum itu, Kapolri dan Panglima TNI salat bersama di Masjid Al Mukmin di lingkungan Mapolda Papua.

Terlihat masuk dalam ruang rapat di Rastra Samara, di antaranya Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf A Rodja, Danjen Kopasus Mayjen TNI Chantiasa, Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Irham, Asrena Kapolri Irjen Pol Martuani Sormin dan Kabinda Papua Brigjen TNI Napoleon serta sejumlah pejabat dari Mabes Polri.

Rapat tersebut berlangsung kurang lebih sejam yang membahas soal insiden yang belakangan ini terjadi di Papua dan Papua Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.