Sukses

BMKG: Gempa Hari Ini Membuat 3 Wilayah Indonesia Berguncang

Gempa juga membuat wilayah Nias Selatan, Sumatera Utara bergoyang.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa hari ini kembali mengguncang beberapa wilayah di Indonesia. Hingga pukul 19.00 WIB, ada tiga wilayah Nusantara yang digoyang lindu.

Informasi mengenai gempa ini dikutip Liputan6.com dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) www.bmkg.go.id, Selasa (27/8/2019).

Gempa pertama pada hari ini terasa di wilayah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Lindu terjadi pada pukul 11.39.38 WIB.

Selain itu, gempa juga membuat wilayah Nias Selatan, Sumatera Utara bergoyang. Lindu itu magnitudo 4,5.

Berikut gempa yang mengguncang Nusantara hari ini:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Parigi Moutong

Gempa pertama pada hari ini terjadi di wilayah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Lindu tersebut bermagnitudo 3,1 dengan kedalaman 10 kilometer.

Pusat gempa berada di darat 6 kilometer arah barat laut Parigi Moutong. Lindu ini terjadi pada pukul 11.39.38 WIB.

Lokasi gempa berada pada 0.28 Lintang Selatan-119.97 Bujur Timur.

 

3 dari 4 halaman

Buol

Selain itu, gempa juga mengguncang wilayah Buol, Provinsi Sulawesi Tengah pada pukul 13.31.23 WIB. Pusat gempa berada di laut 84 kilometer timur laut Buol.

Lokasi gempa berada pada 1.27 Lintang Utara-122.05 Bujur Timur. Lindu magnitudo 5 dengan kedalaman 10 kilometer.

 

4 dari 4 halaman

Nias Selatan

Gempa ketiga pada hari ini terjadi di wilayah Nias Selatan, Sumatera Utara. Lokasi gempa berada pada 0.74 Lintang Utara-98.12 Bujur Timur.

Lindu ini bermagnitudo 4,5 dengan kedalaman 7 kilometer. Pusat gempa berada di Laut 38 kilometer timur laut Nias Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG