Sukses

Wakil Ketua MPR: Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Momentum Rekatkan Persatuan

MPR mengajak seluruh masyarakat Indonesia menyukseskan pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 secara khidmat.

Liputan6.com, Jakarta - Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin akan dilaksanakan pada Minggu 20 Oktober 2019. Pengambilan sumpah kepala negara ini merupakan puncak pesta demokrasi di Indonesia yang digelar lima tahun sekali.

"Pelantikan presiden dan wakil presiden besok adalah agenda demokrasi bangsa Indonesia setelah setahun lebih bangsa Indonesia menyelenggarakan pesta demokrasi pileg dan pilpres secara demokratis dan konstitusional," ujar Wakil Ketua MPR, Ahmad Basarah kepada wartawan, Sabtu (19/10/2019).

Oleh sebab itu, Basarah mengajak seluruh masyarakat yang mencintai bangsa dan negaranya turut serta menyukseskan acara tersebut. Sebab acara yang akan berlangsung di Gedung MPR, Senayan, Jakarta itu berdampak pada martabat bangsa.

"MPR mengajak segenap bangsa Indonesia bersama-sama mensukseskan dan menjaga kekhidmatan dan keagungan acara tersebut demi menjaga harkat dan martabat bangsa kita sendiri. Selain akan dihadiri oleh tokoh nasional juga akan ada tamu negara dari 18 kepala negara, kepala pemerintahan dan utusan khusus negara sahabat," katanya.

Menurut Politikus PDIP itu, pelantikan Jokowi-Ma'ruf harus bisa menjadi ajang merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa yang sempat terbagi akibat perbedaan sikap politik pada Pemilu 2019.

"Pemilu sudah selesai dan seyogyanya juga kompetisi antaranak bangsa di momen pemilu 2019 diakhiri. Saatnya kita bergandengan tangan lagi dan bergotong royong untuk membangun bangsa demi terwujudnya kesejahteraan dan keadilan sosial bagi segenap rakyat Indonesia," kata Basarah mengakhiri.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hari Gembira

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono menyerukan kepada semua pihak agar ikut menyukseskan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin yang akan digelar besok, Minggu 20 Oktober 2019. Hal itu merupakan representasi persatuan dan kemajuan bangsa.

"Pelantikan presiden dan wakil presiden ini sebenarnya hari kegembiraan buat seluruh rakyat Indonesia. Semua rakyat harus gembira karena Jokowi dan Maruf Amin terpilih langsung oleh rakyat," tutur Arief dalam keterangannya, Sabtu (19/10/2019).

Arief berharap Jokowi-Ma'ruf dapat bekerja keras dan merealisasikan seluruh janji kampanye saat pertarungan Pilpres 2019 lalu.

"Sukseskan, doakan. Semoga di bawah kepemimpinan Jokowi-Maruf Amin, Indonesia jauh lebih baik, sejahtera, dan tidak ada lagi perpecahan. Karena kita, kami semua warga Indonesia," jelas dia.

Lebih lanjut, Arief mengingatkan kepada berbagai pihak tidak bertanggung jawab yang mungkin mencoba umtuk membuat kekacauan saat pelantikan. Siapa pun mereka, akan berharapan dengan rakyat.

"Jangan coba-coba melakukan kekacauan. Ini pesta rakyat, kalau masih ada yang mencoba mengganggu silakan keluar dari Indonesia," kata Arief.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.