Inilah 3 Peneliti Muda yang Temukan Khasiat Akar Bajakah sebagai Obat Kanker

Oleh Maria Flora pada 27 Agu 2019, 10:49 WIB

Fokus, Jakarta - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengapresiasi temuan tiga pelajar asal Palangkaraya, Kalimantan Tengah, tentang manfaat akar kayu bajakah sebagai obat kanker payudara.

Menkes mendorong dilakukan penelitian lebih lanjut dan uji klinis untuk membuktikan akar bajakah bisa membunuh sel kanker.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (27/8/2019), Nila F Moeloek menerima kunjungan tiga peneliti muda yang menemukan akar bajakah sebagai obat kanker di Kantor Kementerian Kesehatan, Senin kemarin. 

Menkes mendukung penelitian para pelajar serta mendorong Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan atau Balitbangkes untuk membantu mereka melakukan penelitian lebih lanjut.

Saat ini, Balitbangkes baru pada tahap eksplorasi akar bajakah dan penelitian, yang nantinya akan dikelola dalam bentuk kolaborasi dan jejaring riset klinis Indonesia.

Tiga pelajar peneliti akar bajakah menyatakan berterima kasih kepada Menteri Kesehatan yang akan mendukung dan memfaslitasi penelitian lebih lanjut tentang akar bajakah sebagai obat kanker.

Penelitian tentang akar bajakah yang bisa menjadi obat kanker tersebut telah diikutsertakan dalam lomba penelitian ilmiah, baik naisonal maupun internasional. Hasilnya meraih medali emas.

Temuan akar kayu bajakah sebagai obar kanker payudara sempat menghebohkan jagad medis Indonesia. Penemuan tersebut diharapkan menjadi harapan baru bagi pengidap kanker, terutama kanker payudara yang menjadi salah satu penyebab kematian paling tinggi pada kaum wanita. (Galuh Garmabrata)