Sukses

Ukir Prestasi, Pelajar Indonesia Sabet 7 Penghargaan ICYSS 2019 di Serbia

Acara lomba International Conference of Young Social Scientists (ICYSS 2019) pada 2019 ini berlangsung di Belgrade, Serbia.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Indonesia yang terdiri dari siswa siswi SMP dan SMA dari berbagai wilayah di Indonesia berhasil menyabet 1 medali emas, 3 medali perak, dan 3 medali perunggu pada lomba penelitian internasional bidang sosial International Conference of Young Social Scientists (ICYSS 2019).

Acara lomba pada 2019 ini berlangsung di Belgrade, Serbia pada 20-26 Agustus 2019.

"(Perlombaan) Diikuti 8 negara, di antaranya Indonesia, Serbia, Macao, Turki, India, dan Malaysia," ujar Direktur Center for Young Scientists, Monika Raharti, melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Senin (26/8/2019).

Menurut Monika, hal ini merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa bagi Indonesia, mengingat separuh dari juara di atas masih duduk di bangku SMP, dan lomba tidak membedakan siswa SMP atau SMA.

"Sebuah pertanda bahwa penelitian di bidang Sosial sudah merasuk ke jenjang SMP dan bahkan sudah mulai menjadi bagian dari kurikulum di berbagai sekolah," ucap dia.

Tim Indonesia dibentuk dari seleksi berjenjang Lomba Peneliti Belia Sosial di berbagai provinsi, yang berlanjut ke lomba tingkat nasional.

"Tim Indonesia dibentuk dari seleksi berjenjang dari tingkat provinsi yang berlanjut ke tingkat nasional oleh CYS bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi/Kota, universitas dan lembaga swadaya masyarakat sejak bulan Maret hingga Juli 2019," jelas Monika.

Tim Indonesia akan tiba kembali ke Tanah Air usia mengikuti lomba pada Selasa, 27 Agustus 2019 pukul 18.00 WIB dengan penerbangan TK0056.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Medali yang Diperoleh

Medali emas didapat dari bidang Geografi oleh Arnett Grady (Cita Hati Christian School West Campus Surabaya) dengan penelitian yang berjudul A Study to Find Solutions for Urban Floods in Citraland.

Kemudian, medali perak dipersembahkan oleh Shabrina Arinka dan Maria Angelita (Tumbuh High School Yogyakarta) dengan judul Fake News And Election: Through The Lens of Millennials And Gen Z di bidang Sosiologi.

Lalu, Steryna Ownrysher Nyoto (Cita Hati Christian School East Campus Surabaya) di bidang Ekonomi dengan penelitian berjudul Smokers Transparency Operation Protocol (STOP) dan William Chandra dari sekolah yang sama dengan judul Media Effect on Negative Stereotyping Among High School Student di bidang Psikologi.

Tiga buah medali perunggu diperoleh siswa:

1. Rafael Asa Edginius Krisdina dan Clarissa Pramesti Tiara Puteri (SMPK Santa Maria Surabaya) di bidang Sosiologi dengan penelitian berjudul “Influence of Social Media on The Learning Pattern and Academic Achievements of Adolescents: Case Study in Santa Maria Junior High School Surabaya”

2. Jeremy James (SMA Ciputra Surabaya) dengan judul “Harmonization of Sunda-Jawa, Potential for The Loss of The Dinoyo Street and Gunung Sari History in Surabaya” di bidang Sejarah

3. Jacques Davidson Widodo (Cita Hati Christian School East Campus Surabaya) dengan judul “Exploring The Geographic Advantages in Indonesia” di bidang Geografi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.