Sukses

Jokowi Akan Umumkan Ibu Kota Baru, Gubernur Kaltim Diundang ke Istana

Isran mengaku belum mengetahui apakah ibu kota baru yang akan dijadikan pusat pemerintahan akan berlokasi di Kalimantan Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor menghadiri konferensi pers pengumuman ibu kota baru, yang akan disampaikan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Jokowi akan mengumumkan lokasi ibu kota pengganti DKI Jakarta, Senin (26/8/2019).

Berdasarkan pantauan, Isran tiba di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada pukul 12.20 WIB. Jokowi mengumumkan ibu kota baru pada pukul 13.00 WIB di Istana Negara Jakarta.

"Saya diundang oleh protokol untuk datang ke konferensi pers. Tapi tidak tau konferensi pers nya seperti apa," ujarnya di lokasi.

Isran mengaku belum mengetahui apakah ibu kota baru yang akan dijadikan pusat pemerintahan akan berlokasi di Kalimantan Timur.

Sebelumnya, Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappenas) telah menyelesaikan seluruh kajian terkait pemindahan ibu kota baru ke Pulau Kalimantan. Jokowi pun akan mengumumkan lokasi ibu kota penggantin DKI Jakarta pada, Senin (26/8/2019).

"Ya betul hari ini (lokasi ibu kota baru) akan diumumkan Presiden," ujar Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Adita Irawati saat dikonfirmasi Liputan6.com, Senin (26/8/2019).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2 Kajian

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro telah menyerahkan dua kajian terkait pemindahan ibu kota, Jumat 23 Agustus 2019. Dia menjelaskan dua kajian tersebut mengenai struktur tanah dan dampak ekonomi pembangunan kota baru.

"Dua detail itu terkait dengan struktur tanah dan dampak ekonomi dari pembangunan kota baru. Jadi sudah kami serahkan, dan Presiden akan melihat dan mereview dan mudah-mudahan setelah itu akan ambil keputusan," kata Bambang usai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2019).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.