Kemunculan Hiu Blacktip di Pantai Nusa Dua Curi Perhatian Wisatawan

Oleh Rita Ayuningtyas pada 25 Agu 2019, 11:55 WIB

Fokus, Bali - 40 ikan hiu blacktip Minggu (25/8/2019) pagi masih terlihat di sekitar tepi Pantai Nusa Dua Bali. Meski sudah muncul selama beberapa hari, belum ada rambu peringatan di sekitar lokasi.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (25/8/2019), hal ini membuat sejumlah wisatawan nekat berjalan mendekati kawanan hiu yang tengah berada di bibir pantai.

Bahkan, beberapa wisatawan nekat berenang mendekati hiu ini karena penasaran ingin melihat lebih dekat. Kemunculan ikan hiu justru disyukuri oleh sejumlah wisatawan, karena ini adalah fenomena yang langka.

Tergolong jenis hiu yang tidak berbahaya, ikan hiu jenis blacktip ini berhabitat di terumbu karang di kedalaman 20-30 meter.

Ikan-ikan hiu ini menghampiri pantai karena mengejar jenis ikan tertentu yang menjadi makanan mereka. Kemunculannya bisa menjadi indikasi bahwa terumbu karang di kawasan Nusa Dua dalam kondisi baik.

"Ini banyak kemungkinan, salah satunya dia mengejar makanannya. Atau bisa juga jadi parameter kalau ekosistem di sini sudah mulai membaik," kata aktivis pecinta satwa Amank Raga.

Fenomena munculnya kawanan ikan hiu di bibir Pantai Nusa Dua ini terjadi pada Juli-Agustus setiap tahunnya. Meski tidak tergolong hiu berbahaya, warga dan wisatawan diingatkan agar berhati-hati dan tidak berada di dekatnya. (Rio Audhitama Sihombing)