Sukses

Cetak Agen Perubahan, Generasi Milenial Digembleng di Gunung Pancar

Para peserta dari kalangan pelajar SMA dibekali wawasan tentang kebangsaan dan bela negara.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan anak muda tampak antusias mengikuti Kemah Kebangsaan yang berlangsung di kawasan hutan pinus Gunung Pancar, Bogor, Jawa Barat pada 23-25 Agustus 2019.

Dalam kegiatan Kemah Kebangsaan dalam rangkaian Festival Merah Putih ini, para peserta dari kalangan pelajar SMA dibekali wawasan tentang kebangsaan dan bela negara.

Danrem 061/Suryakancana Kolonel Inf Novi Helmy Prasetya mengatakan, tujuan Kemah Kebangsaan ini untuk menanamkan jiwa patriotisme dan Pancasila kepada generasi muda sebagai penerus bangsa.

"Jika dalam diri mereka sudah tertanam jiwa patriotisme dan Pancasila, maka timbul kecintaan terhadap bangsanya untuk kemajuan Indonesia," ujar Novi.

Sepulangnya peserta dari acara ini, lanjut Novi, diharapkan kaum milenial menjadi agen perubahan sosial dan menularkan jiwa nasionalisme serta nilai-nilai Pancasila. Kesadaran hidup bernegara untuk terus bersatu merupakan salah satu indikator untuk mencapai Indonesia Emas.

"Mereka ini penerus bangsa, kita punya kewajiban mendidik dan mengarahkan mereka menjadi agen perubahan, harapannya bisa menularkan jiwa itu di lingkungan tempat tinggal maupun di sekolahnya," terang Novi.

Sementara Dandim 0606/Kota Bogor Letkol CZI Aji Sujiwo menyebutkan, selama tiga hari dua malam sebanyak 210 pelajar digembleng dengan berbagai materi agar dalam jiwa anak muda memiliki kesadaran hidup sesuai nilai-nilai Pancasila.

Adapun materi yang diberikan di antaranya commitment building, pembinaan mental dan fisik, baris berbaris, kedisiplinan dan kekompakan, combat intelijen dan bela negara.

"Latihan ini supaya mereka memiliki semangat pantang menyerah, disiplin, rasa peduli, dan memupuk persatuan," ujar Aji.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menuju Indonesia Emas

Kegiatan dalam rangkaian HUT Kemerdekaan ke-74 RI ini melibatkan beberapa kesatuan dari TNI/Polri antara lain Korem 061/SK, Kopassus, Yonif 315, Denpom, dan komunitas Bogor Sahabats.

"Inti dari tujuan acara ini untuk mencetak kaum milenial yang tangguh dalam menyongsong Indonesia emas pada 2045," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.