Sukses

BMKG: Gempa Hari Ini Guncang Bogor Berjenis Lindu Dangkal

Sedangkan titik koordinat gempa berada di 6,7 Lintang Selatan (LS) dan 106,51 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 5 kilometer.

Liputan6.com, Jakarta - Satu wilayah Indonesia diguncang gempa hari ini. Hingga pukul 21.00 WIB, lindu yang terjadi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat berpusat di darat dengan kekuatan magnitudo 4.

Lewat laman resminya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa hari ini, Jumat (23/8/2019), terjadi pada pukul 11.10.59.

Sedangkan titik koordinat gempa berada di 6,7 Lintang Selatan (LS) dan 106,51 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 5 kilometer.

Sementara, lokasi lindu berada di 101 kilometer barat daya Kabupaten Bogor.

Gempa dirasakan di Ciptagelar dengan skala III Modified Mercalli Intensity (MMI), II-III MMI di Sukabumi, II MMI di Panggarangan Jatake, II MMI di Cikotok, II MMI di Bogor.

BMKG juga mengungkap, jika ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang menggoyang Kota Bogor berjenis lindu dangkal akibat aktivitas sesar Citarik.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Bogor

  • Gempa Jakarta