Musim Kemarau, Anies Petakan Wilayah DKI yang Dilanda Kekurangan Air

Oleh Ratu Annisaa Suryasumirat pada 23 Agu 2019, 18:42 WIB
Diperbarui 18 Sep 2019, 12:49 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di acara Diaspora Indonesia, Sabtu (10/8/2019).

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan segera membuat instruksi gubernur (ingub) sebagai respon kekeringan yang tengah melanda Jakarta. Hal ini agar Dinas Sumber Daya Air (SDA) dapat mengerjakan tugasnya dengan leluasa dalam menyediakan air bersih.

“Saya sedang siapkan ingub-nya terkait penggunaan sumber daya ekstra agar mereka punya dasar hukum lakukan kegiatan ekstra. Karena ini kan bukan business as usual,” tutur Anies Baswedan usai acara di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Menurutnya, agar Dinas SDA bisa melakukan tindakan ekstra, dasar hukum yang kuat sangat dibutuhkan. Karenanya, ingub menjadi suatu keperluan dalam mengatasi kekeringan di Jakarta.

Anies Baswedan pun sedang dalam proses melengkapi ingub ini. Selain itu, beberapa daerah yang akan paling terdampak kekeringan juga sudah dipetakan oleh pihaknya.

“Ada petanya memang. Wilayah yang dari tahun ke tahun sudah mengalami kekurangan air. Kita punya peta, mana wilayah yang sering banjir, mana wilayah yang sering kekurangan air. Di tempat itu dilakukan langkah ekstra,” ungkap Anies.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓