Sukses

Selain Jakarta, Gempa Bogor Terasa hingga Sukabumi

Gempa bumi yang menggoyang Kabupaten Bogor berjenis lindu dangkal akibat aktivitas sesar Citarik.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bermagnitudo 4 mengguncang Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/8/2019) siang. Getara lindu terasa hingga ke sejumlah wilayah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi dirasakan di wilayah Sukabumi dengan Skala Intensitas II - III MMI, Ciptagelar dengan Skala Intensitas III MMI, sedangkan di Panggarangan Jatake, Cikotok dan Bogor dengan Skala Intensitas II - III MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak akibat gempa.

Jika ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang menggoyang Kabupaten Bogor berjenis lindu dangkal akibat aktivitas sesar Citarik.

Ada pusat gempa terjadi di darat pada jarak 101 kilometer barat daya Kabupaten Bogor dengan kedalaman 5 kilometer.

Kepada Liputan6.com, BMKG menegaskan pihaknya akan terus memantau gempa tersebut.

"Kita pantau terus (gempa di Bogor)," ujar Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Daryono, kepada Liputan6.com, Jumat (23/8/2019). 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gempa Terasa hingga Jakarta

Getaran lindu juga dirasakan hingga Jakarta. Salah satunya dirasakan Maria, pegawai swasta di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2019).

"Gempa... Gempa..." seru Maria. 

Karyawan lainnya bernama Novita juga turut merasakan lindu sekitar 5 detik. Bahkan, galon air mineral yang berada di sampingnya tampak bergetar.

"Terasa goyang, meski kecil dan sebentar. Jadi sedikit pusing," kata Novita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Bogor

  • Gempa Jakarta