Sukses

Gempa Bogor Magnitudo 4, Tektonik dan Dangkal Akibat Aktivitas Sesar Citarik

Gempa bumi yang menggoyang Kabupaten Bogor berjenis lindu dangkal akibat aktivitas sesar Citarik.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/8/2019). Lindu dengan kekuatan magnitudo 4 terjadi pada pukul 11.10.59 WIB. 

Berdasarkan analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), jika ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang menggoyang Kota Bogor berjenis lindu dangkal akibat aktivitas sesar Citarik.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Liputan6.com hari ini, pusat gempa terletak pada koordinat 6,7 LS dan 106,51 BT.

"Tepatnya berada di darat pada jarak 101 kilometer barat daya Kabupaten Bogor-Jabar dengan kedalaman 5 kilometer," ungkap Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho. 

Gempa dangkal yang melanda Bogor juga dirasakan di sejumlah wilayah. Antara lain Ciptagelar dengan skala III Modified Mercalli Intensity (MMI), II-III MMI di Sukabumi, II MMI di Panggarangan Jatake, II MMI di Cikotok, II MMI di Bogor.  

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gempa Bogor Terasa hingga Jakarta

Getaran lindu juga dirasakan hingga Jakarta. Salah satunya dirasakan Maria, pegawai swasta di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2019).

"Gempa... Gempa..." seru Maria. 

Karyawan lainnya bernama Novita juga turut merasakan lindu sekitar 5 detik. Bahkan, galon air mineral yang berada di sampingnya tampak bergetar.

"Terasa goyang, meski kecil dan sebentar. Jadi sedikit pusing," kata Novita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Bogor

  • Gempa Jakarta