Gempa Bogor Magnitudo 4, Tektonik dan Dangkal Akibat Aktivitas Sesar Citarik

Oleh Maria Flora pada 23 Agu 2019, 13:34 WIB
Gempa Bumi

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/8/2019). Lindu dengan kekuatan magnitudo 4 terjadi pada pukul 11.10.59 WIB. 

Berdasarkan analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), jika ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang menggoyang Kota Bogor berjenis lindu dangkal akibat aktivitas sesar Citarik.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Liputan6.com hari ini, pusat gempa terletak pada koordinat 6,7 LS dan 106,51 BT.

"Tepatnya berada di darat pada jarak 101 kilometer barat daya Kabupaten Bogor-Jabar dengan kedalaman 5 kilometer," ungkap Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho. 

Gempa dangkal yang melanda Bogor juga dirasakan di sejumlah wilayah. Antara lain Ciptagelar dengan skala III Modified Mercalli Intensity (MMI), II-III MMI di Sukabumi, II MMI di Panggarangan Jatake, II MMI di Cikotok, II MMI di Bogor.  

2 of 3

Gempa Bogor Terasa hingga Jakarta

Gempa Hari Ini di NTB dan NTT Tidak Berpotensi Tsunami
Hari ini, Jumat, 30 Desember 2016, gempa guncang Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat. (Ilustrasi Gempa: cdn.abclocal.go.com)

Getaran lindu juga dirasakan hingga Jakarta. Salah satunya dirasakan Maria, pegawai swasta di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2019).

"Gempa... Gempa..." seru Maria. 

Karyawan lainnya bernama Novita juga turut merasakan lindu sekitar 5 detik. Bahkan, galon air mineral yang berada di sampingnya tampak bergetar.

"Terasa goyang, meski kecil dan sebentar. Jadi sedikit pusing," kata Novita.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by