Gubernur Kaltim Pastikan 2 Lokasi Ini Jadi Calon Ibu Kota Baru

Oleh Devira Prastiwi pada 23 Agu 2019, 11:23 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Kepastian terkait lokasi calon Ibu Kota baru itu disampaikan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor pada Kamis, 22 Agustus 2019 malam.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (23/8/2019), Isran menyebut lokasi yang dipilih yakni perbatasan antara Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara. Bahkan, lokasi tersebut sudah dibuatkan peraturan gubernurnya.

Disebutkan Isran, untuk Kabupaten Kutai Kartanegara, lokasi yang dipilih yakni bagian utara pesisir Kecamatan Samboja. Sedangkan Kabupaten Penajam berada di kawasan Semoi, Kecamatan Sepaku.

Alasan dipilihnya lokasi tersebut, menurut Isran, karena letaknya diapit oleh dua kota, yakni Samarinda dan Balikpapan. Selain itu, letak kawasan Samboja berada di garis pantai.

"Kawasan yang dipersiapkan itu sudah disiapkan datanya, jadi lokasinya itu nyambung," ujarĀ Isran.

Alasan lain hingga gubernur memilih kawasan tersebut karena dua lokasi yang dipilih tidak terdapat tanah adat yang mengganjal pembangunan Ibu Kota.

Meski sudah menetapkan lokasi, namun gubernur tetap menunggu legalitas dari pemerintah sebelum proses pembangunan dimulai.