BMKG: Gempa Hari Ini Guncang Bumi Parahyangan Dua Kali

Oleh Maria Flora pada 21 Agu 2019, 19:15 WIB
Gempa Bumi

Liputan6.com, Jakarta - Dua wilayah Indonesia diguncang gempa hari ini. Hingga pukul 20.00 WIB, lindu pertama dan kedua terjadi di wilayah yang sama.

Gempa pertama di Kabupaten Sukabumi terjadi pada dini hari tadi sekitar pukul 03.16 WIB. Sementara, lindu kedua pukul 11.24 WIB dengan kekuatan magnitudo 3,4.

Hingga berita ini diturunkan belum ada informasi yang diungkap Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait potensi tsunami maupun kerusakan infrastruktur yang ditimbulkan.

Gempa yang terjadi hari ini, getarannya juga dirasakan ke sejumlah wilayah, yaitu Sukabumi dan Pamijahan.

Berikut dua gempa hari ini yang bikin bumi Parahyangan berguncang: 

2 of 4

Gempa Sukabumi

20151111-Ilustrasi Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Gempa dengan kekuatan magnitudo 3,9 mengguncang wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dini hari tadi. Gempa dengan kedalaman satu kilometer tersebut terjadi pada pukul 03.06 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa tersebut berjenis gempa dangkal yang dipicu aktivitas sesar Citarik.

Titik gempa menurut BMKG terjadi di darat dan dapat dirasakan hingga skala Modified Mercalli Intensity (MMI) III di wilayah Sukabumi. Atau sekitar 24 km barat laut, Kabupaten Sukabumi. 

Sedangkan pusat gempa terletak pada koordinat 6,77 Lintang Selatan (LS) dan 106,52 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman mencapai 9 kilometer. 

3 of 4

Gempa Sukabumi Kedua

Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Masih di wilayah yang sama, gempa bumi kedua terjadi pada pukul 11.24 WIB. Sukabumi diguncang lindu dengan magnitudo 3,4.

Sama seperti gempa pertama, lindu berpusat di darat dengan kedalaman mencapai 5 kilometer. 

Sedangkan lokasi gempa terletak pada koordinat 6,9 LS dan 106,59 BT atau sekitar 37 km barat laut Kota Sukabumi.  

4 of 4

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓