Sukses

4 Nama Kandidat Kuat Sekjen PKB

Nama-nama itu diusulkan secara tertulis oleh DPW PKB se-Indonesia kepada Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar alias Gus AMI.

Liputan6.com, Jakarta - Perebutan kursi Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Kebangkitan Bangsa mulai menghangat. Wasekjen DPP PKB sekaligus Ketua Panitia Muktamar V PKB, Ahmad Iman menjelaskan, ada empat nama yang menguat untuk menduduki posisi orang nomor dua di PKB.

"Ada empat nama yang menguat di antaranya Hanif Dakhiri, Jazilul Fawaid, Marwan Jafar, dan Faisol Riza," kata Iman di Bali, Rabu (21/8/2019).

Nama-nama itu diusulkan secara tertulis oleh DPW PKB se-Indonesia kepada Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar alias Gus AMI. Sejatinya ada banyak nama yang masuk ke kantong Muhaimin untuk mengisi posisi sekjen usulan dsri DPW.

"Ada banyak nama yang diusulkan oleh DPW. Muncul juga nama Mbak Ida Fauziyah. Tapi memang empat nama tadi itu yang menguat," katanya. Soal kriteria yang cocok menjadi sekjen, Iman menyebut ada beberapa hal yang mesti dipenuhi.

"Sekjen harus memiliki kualifikasi yang bisa atau tahu administrasi kepartaian. Dia backbound-nya partai. Sekjen juga harus memiliki kualifikasi manajerial yang bagus, sistem administrasi teknis yang baik, karena dia mengatur seluruh Indonesia. Ada 34 DPW dan 514 DPC PKB," jelas dia.

Nantinya, Iman menjelaskan jika sekjen akan diumumkan usai pelaksanaan muktamar oleh Muhaimin Iskandar. "Setelah muktamar sekjen akan ditentukan karena dia semacam tim formatur," ucap dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cak Imin Terpilih Jadi Ketum PKB

Muhaimin Iskandar atau Cak Imin kembali terpilih menjadi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) periode 2019-2024. Seluruh 34 Dewan Pengurus Wilayah menerima hasil laporan pertanggungjawaban menyatakan setuju agar Muhaimin kembali didapuk sebagai pucuk pimpinan PKB.

"Menetapkan Bapak Muhaimin Iskandar sebagai ketua umum periode 2019-2024," ucap ketua dewan sidang Ida Fauziah di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, Rabu (21/8/2019) dini hari.

Dengan keputusan 34 DPW PKB, Cak Iminmenang secara aklamasi tanpa adanya kompetitor lain dalam pemilihan Ketua Umum.

Rapat pleno yang dimulai pukul 23.00 WITA pun berakhir pukul 01.15 WITA.

Sementara itu, Cak Iminmenerima atas keputusan para DPW.

"Saya, dengan mengucapkan bismillah, saya bersedia memimpin kembali PKB periode 2019-2024 semoga allah memberikan kekuatan bagi kita semua," kata Muhaimin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.