Sukses

Demonstran di Depan KPK Desak Pimpinan Baru Segera Dilantik

Desakan itu dilakukan lantaran sejumlah pimpinan KPK dianggap telah mengundurkan diri setelah menyerahkan mandatnya kepada Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Aksi unjuk rasa kembali digelar di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (18/9/2019). Kali ini, unjuk rasa dilakukan oleh puluhan massa yang tergabung dalam kelompok Masyarakat Penegak Demokrasi (MPD).

Massa demonstran mendesak Presiden Joko Widodo atau Jokowi segera melantik pimpinan KPK terpilih periode 2019-2023.

"Jumlah kita satu, tujuan kita satu, percepat pelantikan pimpinan KPK terpilih," kata Koordinator MPD Zulfikar dalam orasinya.

Desakan itu dilakukan lantaran sejumlah pimpinan KPK dianggap telah mengundurkan diri setelah menyerahkan mandatnya kepada Presiden Jokowi.

Selain itu, massa juga meminta pimpinan dan pegawai lembaga antirasuah yang menyatakan mundur segera meninggalkan gedung KPK. Demonstran juga meminta Wadah Pegawai (WP) KPK dibubarkan karena kerap membuat gaduh.

"Pelemahan justru datang dari internal KPK sendiri. Tidak sepatutnya mereka membangun konsolidasi di dalam gedung ini, gedung yang dibuat dengan uang negara, sementara mereka menolak menaati undang-undang," sambung Zulfikar.

Zulfikar menambahkan, massa MPD mengapresiasi keputusan DPR yang telah mengesahkan revisi UU KPK. Mereka yakin UU KPK yang baru disahkan itu akan membawa lembaga antikorupsi tersebut semakin baik.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.