Top 3 News: Mencari Dalang di Balik Kerusuhan Papua

Oleh Ratu Annisaa Suryasumirat pada 21 Agu 2019, 08:30 WIB
Diperbarui 12 Sep 2019, 17:10 WIB
Kerusuhan Pecah di Manokwari

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 News, situasi di Papua kini mulai kondusif pascakerusuhan terjadi di Kota Manokwari, Jayapura dan Papua Barat, pecah. Hal ini tak terlepas berkat peran serta seluruh elemen masyarakat Papua, aparat keamanan serta seruan damai dari sejumlah tokoh negeri.

Sebelumnya diberitakan, kerusuhan di Manokwari diduga dipicu oleh aksi pengepungan dan tindak kekerasan terhadap sejumlah mahasiswa di Surabaya dan Malang.

Menyoroti kerusuhan di Manokwari, Papua, Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Komarudin Watubun curiga aksi itu ditengarai oleh kelompok Benny Wenda, tokoh perjuangan Papua merdeka.

Sementara itu, dari Muktamar V PKB di Nusa Dua, Bali, terselip cerita menggelitik saat Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar menggoda Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie.

Saat itu, hampir seluruh tokoh nasional yang hadir di Muktamar PKB disapa Muhaimin sebelum mengawali pidatonya. Namun, tidak nama Grace Natalie.

Begitu kembali menggoda Ketua Umum PSI ini, Cak Imin tanpa canggung mengajak Grace bergabung ke PKB.

"Sudah gabung PKB saja. Kalau yang cantik-cantik tanpa tiket langsung masuk," ujar Muhaimin.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Selasa, 20 Agustus 2019:

2 of 5

1. PDIP Sebut Nama Benny Wenda di Balik Kerusuhan Papua

Yusron Fahmi/Liputan6.com
Anggota Komisi II DPR Komarudin Watubun.

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Komarudin Watubun menyoroti masalah pengepungan mahasiswa Papua di Surabaya yang berujung kericuhan di Manokwari, Papua. Dia curiga aksi itu ditengarai kelompok Benny Wenda, tokoh perjuangan Papua merdeka.

"Sekarang ada kelompok Benny Wenda cs lagi bergerak pertemuan di negara-negara pasifik. Nah waktu yang sama di dalam negeri juga bergejolak. Waktunya sama, ini pertanyaan besar?" kata Komarudin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Komarudin merasa tak wajar melihat pengepungan mahasiswa Papua di asrama Surabaya yang dianggap begitu heboh. Menurutnya, itu menjadi pemicu warga Papua marah.

 

Selengkapnya...

3 of 5

2. Suasana Malam Ini di Kota Sorong Usai Kerusuhan Papua

Kerusuhan Pecah di Manokwari
Massa turun ke jalan dalam unjuk rasa yang berujung kerusuhan di kota Manokwari, Papua, Senin (19/8/2019). Aksi masyarakat Papua ini merupakan buntut dari kemarahan mereka atas peristiwa yang dialami mahasiswa asal Papua di Surabaya dan Malang, serta Semarang beberapa hari lalu. (STR / AFP)

Kondisi Kota Sorong, Provinsi Papua Barat sepi di malam hari, setelah unjuk rasa menolak rasisme pada 19-20 Agustus 2019 yang berujung ricuh.

Dilansir Antara, pada Selasa malam, di seluruh jalan protokol Kota Sorong sebelumnya malam hari selalu ramai aktivitas warga kini nampak sepi, hanya aparat TNI dan Polri masih berjaga-jaga di jalan.

Tidak ada satu pun kendaraan roda empat melintas di jalan raya kota ini, selain kendaraan patroli yang digunakan TNI dan Polri untuk menjaga keamanan.

Kendaraan roda dua masih terlihat melintas di sejumlah jalan protokol Kota Sorong, namun tidak sebanyak hari-hari biasanya yang selalu ramai dan macet.

 

Selengkapnya...

4 of 5

3. Kala Muhaimin Goda Grace Natalie Gabung PKB

Muktamar PKB
Sejumlah tokoh parpol menghadiri muktamar PKB di Bali. (Liputan6.com/Dewi Divianta)

Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar menggoda Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie. Hal itu terjadi ketika pria yang kini memiliki nama panggilan Gus AMI itu menyampaikan pidato politiknya pada Muktamar V PKB di Nusa Dua, Bali.

Di awal sambutannya, Muhaimin menyapa seluruh tamu undangan yang hadir seperti Presiden Joko Widodo, jajaran menteri Kabinet Kerja, dan sejumlah ketua umum partai politik yang hadir.

Sayang dia lupa nama Grace. Muhaimin sempat menghentikan pidatonya sembari berusaha keras mengingat nama Grace Natalie.

"Siapa ya yang cantik ini lupa. Grace Natalie," kata Muhaimin setelah peserta muktamar ramai-ramai membantunya, Selasa (20/8/2019).

 

Selengkapnya...

5 of 5

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by