Situasi di Manokwari Semakin Kondusif, Jalan Utama Bisa Diakses Kembali

Oleh Maria Flora pada 21 Agu 2019, 09:00 WIB
Diperbarui 21 Agu 2019, 08:33 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Situasi di Kota Manokwari, Papua Barat, pada Selasa malam semakin kondusif. Aktivitas warga berangsur normal pascaaksi masa dan kerusuhan Senin lalu. Ruas jalan yang sempat diblokade sudah bisa diakses kembali.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (21/8/2019), warga bersama pemerintah daerah, TNI, dan polri, membersihkan sejumlah lokasi yang sempat dirusak massa, Selasa siang.

Sementara itu, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Papua Barat menggelar rapat membahas langkah-langkah yang akan diambil untuk memastikan keamanan di Manokwari.

"Masyarakat yang ada di Papua Barat untuk kita semua punya tanggung jawab untuk menjaga Manokwari aman dan kondusif. Saya akan sampaikan kepada masyarakat bahwa Manokwari adalah rumah kita yang harus kita jaga," kata Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

Di Jakarta, Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta agar semua pihak saling menghargai antar sesama warga.

Pascakerusuhan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mempersilahkan bila Gubernur Papua dan Papua Barat bertemu dengan Gubernur Jawa Timur untuk membahas persoalan  bersama-sama, setelah situasi di daerah benar-benar kondusif. (Rio Audhitama Sihombing)