Sukses

Cerita Kolonel Hariyo, Komandan Upacara HUT RI yang Disalami dan Ditepuk Jokowi

Melihat momen ini para tamu undangan memberikan tepuk tangan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi tiba-tiba menyalami Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo selaku komandan upacara Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, 17 Agustus  kemarin. Jokowi juga sempat menepuk lengan Hariyo.

Awalnya Jokowi menyalami para tamu VVIP dengan didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Melihat langkah Jokowi, perwira menengah TNI Angkatan Laut itu langsung memasukan pedang yang dipegangnya ke dalam sarung. Tak lupa Hariyo juga memberi hormat.

Melihat momen ini para tamu undangan memberikan tepuk tangan. Tentu ini bukan lah kejadian yang biasa. Seketika foto dan video keduanya viral di media sosial.

Akun instagram TNI Angkatan Laut menulis; Kepala Departemen Strategi (Kadepstra) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo mengukir kembali prestasi gemilang dengan menjadi Komandan Upacara (Danup) dalam Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Sabtu 17 Agustus.

"Pada akhir acara Presiden RI Ir. H. Joko Widodo usai menyalami para tamu undangan di sekitar mimbar kemudian secara spontan menghampiri Komandan Upacara Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo ke lapangan upacara untuk memberikan apresiasi dengan jabat tangan dan menepuk lengan Danup sebanyak lima kali sebagai ungkapan tanda terima kasih karena telah menjalankan tugas dengan baik."

Hariyo disebut sebagai salah satu perwira terbaik Seskoal lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-43 Tahun 1997. Sebelumnya dia juga telah menjabat di berbagai geladak Kapal Perang RI mulai dari Perwira Senjata hingga Komandan Kapal.

Selain itu, Hariyo juga pernah bertugas di Staf Operasi Angkatan Laut, "sehingga dari situlah terbentuk karakter pemimpin yang kuat mempunyai kemampuan menjadi Perwira TNI Angkatan Laut yang profesional dan handal."

Untuk diketahui, Hariyo merupakan Ketua Pengurus Merpati Putih Cabang Khusus Dharma Wiratama Seskoal.

Dipilihnya Hariyo Poernomo sebagai Komandan Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-74 menorehkan sejarah baru lagi bagi Seskoal. Di mana keberhasilan tersebut merupakan puncak prestasi hasil pembinaan personel TNI Angkatan Laut untuk mampu ditampilkan dalam acara-acara kenegaraan. 

 

Reporter: Didi Syafirdi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.