Sukses

Top 3 News: Pertimbangan Kemenpora Pilih Salma sebagai Pembawa Baki di HUT RI

Top 3 News, Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi dan Aisyah Rahmawati merupakan anggota Paskibraka yang dipilih sebagai pembawa baki bendera Merah Putih di HUT ke-74 RI.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 News, siapakah anggota Paskibraka yang didapuk sebagai pembawa baki Bendera Merah Putih tahun ini? Pertanyaan ini kerap menjadi perhatian masyarakat dalam setiap momen perayaan hari Kemerdekaan RI digelar.

Dan pada HUT ke-74 di Istana Merdeka, Sabtu, 17 Agustus 2019, teka-teki itu pun terungkap. Kedua anggota Paskibraka yang dipilih adalah Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi dan Aisyah Rahmawati.

Salah satu pertimbangan pihak Kemenpora untuk memilih Salma sebagai pembawa baki adalah attitude, fisik, dan camera face. Lalu, bagaimana dengan Aisyah? 

Sementara itu, tindakan paksa dengan menurunkan bendera Merah Putih dan menggantinya dengan pengibaran bendera bulan bintang di Aceh kini tengah dalam penyelidikan polisi.

Belakangan diketahui aksi tersebut diduga dilakukan oleh sekelompok mahasiswa yang berdemonstrasi di halaman DPR Aceh di Banda Aceh, Kamis, 15 Agustus 2019.

Diketahui, bendera bulan bintang adalah bendera yang pernah digunakan kelompok yang ingin memisahkan diri dari NKRI. 

Lantas, bagaimana dengan kondisi kedua anggota polisi dari Polsek Wonokromo yang terluka usai penyerangan yang dilakukan IM terduga teroris? 

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Minggu, 18 Agustus 2019:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Mengenal Lebih Dekat 2 Paskibraka Pembawa Baki di HUT ke-74 RI

Siapakah anggota Paskibraka yang didapuk sebagai pembawa baki tahun ini?

Dia adalah Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi atau yang akrab dipanggil Salma. Dara manis kelahiran Malang, 16 Desember 2002 ini bertugas sebagai pembawa baki saat pengibaran Sang Merah Putih pada HUT ke-74 RI, Sabtu pagi.

Munculnya nama Salma sebagai pembawa baki 2019 tidak mengherankan. Tim Diary Paskibraka Liputan6.com yang mengikuti seluruh kegiatan anggota Paskibraka Nasional 2019 di PP-PON Kemenpora, Cibubur, Jakarta Timur, mencatat, Salma lebih dari 10 kali didril untuk menjalankan tugas ini. 

Satu ambisinya mengapa dia ingin memilih kegiatan ekskul Paskibra di sekolahnya, SMA Pradita Dirgantara. Dia bercita-cita menjadi pilot wanita TNI Angkatan Udara (AU).

 

Selengkapnya....

3 dari 4 halaman

2. Polisi Usut Pengibaran Bendera Bulan Bintang di Aceh

Polda Aceh tengah menyelidiki kasus penurunan paksa bendera merah putih dan pengibaran bendera bulan bintang dalam unjuk rasa mahasiswa di Banda Aceh beberapa waktu lalu. Bendera merah putih merupakan lambang negara yang dilindungi undang-undang.

Kepala Bidang Humas Polda Aceh Komisaris Besar Polisi Ery Apriyono menegaskan, menurunkan bendera merah putih merupakan pelecehan bangsa dan negara Republik Indonesia.

Sebelumnya, puluhan mahasiswa berdemonstrasi di halaman DPR Aceh di Banda Aceh, dan sempat memaksa hendak menaikkan bendera bulan bintang.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Khofifah Puji Ketahanan Fisik Aiptu Agus, Korban Penyerangan di Polsek Wonokromo

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menjenguk anggota SPKT Polsek Wonokromo, Aiptu Agus Sumartono, korban pembacokan yang dilakukan IM pada Sabtu, 17 Agustus 2019.

Khofifah mengatakan, jika Aiptu Agus dalam kondisi yang baik. Menurut dia, sosok Aiptu Agus memiliki ketahanan fisik yang cukup kuat, meski mendapat serangan senjata tajam oleh pelaku IM.

Sementara itu, dikonfirmasi secara terpisah, Kapolrestabes Surabaya, Kombes Sandi Nugroho menyampaikan, pelaku menyerang korban pada bagian leher.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.