2 Aksi Jokowi yang Bikin Kaget di Upacara HUT ke-74 RI

Oleh Maria Flora pada 17 Agu 2019, 20:04 WIB
Diperbarui 19 Agu 2019, 16:13 WIB
HUT RI ke 74

Liputan6.com, Jakarta - Banyak hal yang menarik perhatian di HUT ke-74 RI tahun ini. Salah satunya soal baju adat yang dikenakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat menghadiri upacara bendera tadi pagi di Istana Merdeka, Sabtu (17/8/2019).

Kali ini, Jokowi memilih mengenakan baju adat Bali saat Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI 2019. Sementara, Wakil Presiden Jusuf Kalla memakai baju adat khas Aceh.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini mengaku telah 5 tahun memakai baju adat dari sejumlah daerah dalam setiap kesempatan. Bahkan Jokowi menegaskan dirinya berkomitmen untuk mengenakan baju adat dari daerah lain saat acara kenegaraan.

"Jumlahnya ribuan, nanti sampai ke Maluku, Papua semua akan kita ya...," ucapnya.

Tak hanya soal baju daerah, aksi Jokowi yang kerap di luar protokoler juga tak kalah menjadi sorotan awak media. Apa sajakah itu:

2 of 4

1. Turun Mimbar Salami Komandan Upacara

Jokowi tiba-tiba turun dari mimbar kehormatan dan menyalami Komandan Upacara Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo. (dok BPMI)
Jokowi tiba-tiba turun dari mimbar kehormatan dan menyalami Komandan Upacara Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo. (dok BPMI)

Momen tersebut terjadi setelah prosesi Upacara Detik-Detik Proklamasi dan Pengibaran Sang Saka Merah Putih.

Jokowi yang mengenakan baju adat Bali, langsung keluar dari mimbar kehormatan dan menyalami Komandan Upacara Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menepuk-nepuk pundak Hariyo. Para tamu undangan yang hadir langsung beteriak riuh dan bertepuk tangan.

Selain menyalami Komandan Upacara, Jokowi juga menyalami para pejabat negara dan tamu undangan yang hadir.

Adapun pejabat negara yang hadir antara lain, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Wapres ke-6 RI Try Seoeriso, dan para menteri kabinet kerja.

3 of 4

2. Sapa Warga

Berbaju Adat Bali, Presiden Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-74 RI
Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla bersalaman dengan tamu undangan dalam rangkaian Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-74 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Peringatan HUT RI tersebut mengangkat tema "SDM Unggul Indonesia Maju". (Liputan6.com/HO/Kentu

Jokowi memang dikenal sebagai pribadi yang sederhana. Kedekatannya dengan masyarakat tak peduli latar belakangnya, membuat sosok kakek dari Jan Ethes dan Sedah Mirah ini selalu mendapat perhatian lebih dari masyarakat.

Saat tengah melakukan kunjungan kerja ke setiap daerah, orang nomor satu itu tak segan untuk menyapa warga. Dan di HUT ke-74 RI pagi tadi, Jokowi menyapa warga sebelum upacara penurunan bendera. Jokowi bahkan keluar Istana menuju jalan depan Monas.

Jokowi kemudian menuju layar yang diperuntukkan warga yang tidak mendapat undangan ke Istana. Warga pun riuh dan berebut untuk ke barisan paling depan.

Jokowi dengan sabar menyalami dan menyapa warga. Dia juga sempat mengajak masyarakat berbincang.

Dia pun melayani warga yang ingin berswafoto dengannya. Jokowi bahkan meminta handphone warga dan berselfie.

4 of 4

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓